Pelaksanaan ANBK Siswa Kelas XI MAN Kota Batu

Batu, 22/8/2024 — Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pengukuran kompetensi dasar siswa, yang meliputi literasi membaca, literasi numerasi, dan survei karakter. Di tahun ini, ANBK MAN Kota Batu dimulai dari Rabu-Kamis, 21 – 22 Agustus 2024.

Pelaksanaan ANBK di MAN Kota Batu berlangsung lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa kelas XI yang ditentukan dari pusat Pendidikan Nasional. Mereka dibagi ke dalam beberapa sesi untuk memastikan bahwa pelaksanaan berjalan tertib dan tetap mematuhi aturan pelaksanaan ANBK. Dalam pelaksanaanya ANBK MAN Kota Batu diawasi oleh  Hanif Arafi Cahaya, S.Ag dan Eka Bagus Mahardika, S.S. dari MA Al-Irsyad

Farhadi selaku kepala MAN Kota Batu menyampaikan bahwa ANBK tahun ini berlangsung dengan baik berkat persiapan matang yang dilakukan oleh seluruh panitia dan dukungan penuh dari pihak sekolah. “Kami telah menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk komputer dan jaringan internet yang stabil, agar pelaksanaan ANBK dapat berjalan tanpa hambatan,” ujar Farhadi.

Ssebelum pelaksanaan ANBK, MAN Kota Batu  mengadakan sesi bimbingan dan simulasi  untuk memastikan para siswa memahami teknis pelaksanaan dan jenis-jenis soal yang akan dihadapi. “Kami ingin memastikan para siswa siap secara mental dalam menghadapi ANBK,” ujar Fadil selaku proktor ANBK. Pada hari terakhir pelaksanaan, Kamis, 22 Agustus 2024, seluruh proses berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. Pihak sekolah berharap hasil dari ANBK ini dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang kemampuan siswa dalam hal literasi dan numerasi serta aspek-aspek lain yang diukur.

Pelaksanaan ANBK ini menjadi bagian penting dalam perjalanan pendidikan di MAN Kota Batu, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan evaluasi yang komperehensif terhadap capaian siswa. Dengan berakhirnya ANBK 2024 ini, MAN Kota Batu optimis dapat terus memberikan pendidikan yang berkualitas dan menghasilkan generasi yang cerdas dan berkarakter.

ANBK MAN Kota Batu, Usaha Mewujudkan Siswa Cerdas Berkarakter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *