Para siswa menyimak tausiyah dengan khidmat.

Sabtu (28/9/2024), MAN Kota Batu menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. sekaligus meresmikan Masjid Ihya’ Ulumuddin yang baru selesai direnovasi. Acara dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Batu, Machsun Zain, dewan komite madrsah, wali siswa dan siswa-siswi MAN Kota Batu.

Wakil Ketua Komite Nur Rohman, Kepala Kemenag Machsun Zain dan Kepala MAM Kota Batu Farhadi.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembacaan maulid diba’ oleh tim banjari Ma’had Al Ulya. Dalam sambuan singkatnya, Farhadi menyampaikan pentingnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Farhadi juga menyampaikan makna dari peresmian dan perluaan masjid ini ebagai area beribadah bagi seluruh civitas akademika.

Sementara itu, wakil ketua Komite MAN Kota Batu, Nur Rochman memberikan apresiasi atas sinkronisasi semua elemen yang ada di MAN Kota Batu mulai dari guru, komite dan wali siswa yang akhirnya bisa mencetak siswa-siswi yang berprestasi dan membawa MAN Kota Batu menjadi lebih baik.

Gus Mad sedang memberikan tausiyah

Senada dengan sambutan Nur Rochman. Kepala Kemenag Kota Batu, Machsun Zain, juga menyampaikan pentingnya menjalin dan menjaga komunikasi yang bagus antara semua stakeholder di wilayah kerja MAN Kota Batu untuk tetap konsisten meraih prestasi dan memajukan MAN Kota Batu. Tidak kalah pentingdari pencapaian prestasi yang sudah diraih, MAN Kota Batu eyogyanya bisa mencetak generasi yang cerdas dan berbudi pekerti luhur.

Kepala Kemenag Kota Batu Machsun Zain memberikan ambutan.

Puncak acara ini adalah ceramah agama yang disampaikan oleh K.H. Muhammad Abdul Qohar Hassani. Dalam ceramahnya, kyai yang akrab disapa Gus Mad ini menyampaikan pentingnya meneladani akhlak Nabi Muhammad saw. dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi di zaman yang serba modern dan tren dunia barat yang mulai mengikis adab dan sopan santun yang menjadi ciri khas umat Islam. Gus Mad juga menjabarkan peran sentral masjid sebagai pusat pendidikan dan pembinaan umat.

Doa bersama mengakhiri acara, doa dipanjatkan agar warga MAN Kota Batu bisa menjadikan Nabi Muhammad saw sebagai figur dalam berperilaku atau yang berkaitan dengan adab dan sopan santun. Kemudian semoga masjid yang sudah diperluas  ini dapat menjadi tempat yang penuh berkah dan membawa manfaat bagi semua.

Kegiatan ini tidak hanya memperingati Maulid Nabi Muhammad saw., tetapi juga menandai babak baru bagi MAN Kota Batu dengan adanya masjid baru yang diharapkan dapat memperkuat kegiatan keagamaan dan pendidikan di madrasah ini.

Suasana di area masjid putri yang semakin luas setelah direnovasi.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Ajak Warga MAN Kota Batu Teladani Akhlak Rasul

Satu gagasan untuk “Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Ajak Warga MAN Kota Batu Teladani Akhlak Rasul

  • 2 Oktober 2024 pukul 12:24
    Permalink

    dasi4d situs yang menarik yang saya kunjungi, kualiatas selalu terjaga dengan aman dan sangat baik.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *