Minggu (17/9/23) Salah satu program ekstra kurikuler (ekskul) MAN Kota Batu Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Chandaca Tribuana MAN Kota Batu melaksanakan salah satu progam kerja mereka, yakni lomba ketrampilan baris berbaris dengan tajuk LKBB Tribuana . LKBB Tribuana diadakan untuk jenjang SD dan SMP. Lomba ini adalah even pertama yang dilaksanakan di MAN Kota Batu dan merupakan pertama di Kota Batu

Nama LKBB Tribuana sendiri diambil dari nama esktrakulikuler paskibra MAN Batu, yaitu Chandraca Tribuana.

Lomba ini diikuti oleh 240. Diawali apel dan penyambutan kepala madrasah, kegiatan lomba di mulai pada pukul 07.30 sampai 10.30. lomba ini semakin seru ketika didalamnya juga ada fun game. Acara fun game semakin seru saat Ambara Band dari MAN Kota Batu tampil menghibur para peserta LKBB. Bak nonton konser, diselingi teriakan histeris, para peserta ikut menyanyikan lagu yang dibawakan oleh mereka.

Lomba ini memiliki 16 kategori juara di jejang SD dan SMP, yakni kategori juara utama 1, juara utama 2, juara utama 3, juara harapan 1, juara harapan 2, juara harapan 3, best PBB 1, best PBB 2, best PBB 3, best variasi dan formasi 1, best variasi dan formasi 2, best variasi dan formasi 3, best danton 1, best danton 2, best danton 3, dan best pasukan 1.

Untuk juara utama tingkat SD ada SDN Pendem 1 tim A sebagai juarab utama 1, SDN Sisir 1 sebagai juara utama 2, dan SD Immanuel Tim A sebagai juara utama 3.

Sementara juara utama tingkat SMP diraih oleh Tim A dari SMPN 3 Batu sebagai juara utama 1, SMPN 2 Batu sebagai juara utama 2, dan SMPN 3 Batu sebagai juara utama 3.

Salah satu tujuan diadakan lomba ini adalah untuk mengenalkan MAN Kota Batu kepada Peserta LKBB Tribuana SD/SMP se-Kota Batu, selain dari itu, tujuan diadakan lomba ini adalah untuk meningkatkan semangat kompetitif yang sehat, memperkuat rasa persatuan tim, dan memberikan pengalaman berharga dalam menghadapi tekanan dan tantangan dalam situasi yang kompetitif. Mengukur kemampuan dan meningkatkan prestasi siswa-siswi SD/SMP di bidang Baris berbaris.

Bagi peserta sendiri, mengikuti LKBB ini adalah momen yang sangat menyenangkan dan membaggakan. Lomba ini memberikan motivasi kepada para peserta akan pentingnya kedisiplinan melalui LKBB Tribuana sekaligus mengenalkan rasa jiwa nasionalisme, patriotisme dan bela negara.

Selain menanamkan dan meningkatkan sikap disiplin, LKBB ini juga diharapkan bisa memupuk rasa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab para generasi muda bangsa yang tegas. Disiplin dan ketegasan dalam baris berbaris juga diharapkan bisa merangsang dan meningkatkan inisiatif serta data kreatifitas generasi muda sejak dini yang siap ikut serta dalam pembangunan, serta menggalang persatuan, persaudaraan, dan rasa sportifitas generasi muda terutama di kalangan para kader muda bangsa sebagai tonggak perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Seneng banget, soalnya BIRAWA belum pernah mendapatkan juara dalam lomba baris berbaris, dan ini untuk pertama kalinya BIRAWA dapat juara.” Ungkap Naza Nabila farhani, danton tim A BIRAWA. Tim Birawa adalah tim paskibra SMPN 03 Batu yang meraih juara utama 1 tingkat SMP

”Seneng, bangga banget bisa menang lomba disini, udah 8 kali juga menang dalam lomba baris berbaris seperti ini” ujar Amira Putri Wahyudi, danton SDN Pendem tim A yang meraih juara utama 1 tingkat SD.

“Harapan terlaksananya LKBB ini, kita dapat memberikan wadah untuk adik adik kita yang ada di SD/ MI, dan SMP/MTS untuk menyalurkan bakat dan prestasinya di bidang ketrampilan baris berbaris, dan harapannya kita dapat laksanakan progam ini dengan rutin di tahun tahun berikutnya” ungkap Riko Alifsah Wali (XII-IPS 2) sebagai ketua pelaksana LKBB Tribuana

Tanamkan Kedisipilinan Sejak Dini, Paskibra Chandaca Tribuana Gelar LKBB Tingkat SD/SLTP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *