Kamis, 4/1/23, para mahasiswa dari bernagai perguruan tinggi memenuhi halaman MAN Kota Batu untuk menggelar acara Campuss Expo. Bertempat di aula, acara ini diikuti oleh siswa-siswi kelas XII. Campuss Expo  merupakan agenda rutin yang diadakan oleh para alumni yang terkumpul dalam Ikatan Mahasiswa MAN Batu (IMMB).  M. Iqbal Baihaqi selaku ketua penyelenggara berharap dengan kegiatan ini bisa memberikan informasi yang banyak untuk semua siswa, mulai dari cara mendaftar sampai pada bagaimana lolos pada kampus yang dituju.

Menurut Titik Susilowati, anggota tim BK MAN Kota Batu, kegiatan tahunan ini sangat bermanfaat untuk memperoleh gambaran kampus yang tepat sesuai minat siswa. Titik berpesan pada siswa kelas XII untuk mengikut kegiatan ini dengan baik sampai selesai karena selain menambah informasi kampus juga menambah ilmu.  Kepala MAN Kota Batu, Farhadi menyampaikan bahwa generasi harus lebih maju dan bermartabat. Tujuan kegiatan ini untuk mengarahkan pilihan agar siswa-siswi MAN Kota Batu tidak salah pilih kampus. “Pilih kampus dipikir dengan baik, prospek jurusannya seperti apa, tidak hanya melihat casingnya saja tapi yang banyak peluang, Jangan sampai menjadi pengangguran intelektual nantinya”, pesan Farhadi dalam sambutannya. Menurutnya, saat ini banyak orang bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang diambil. Hal itu disebabkan karena dalam hidup membutuhkan banyak relasi, tidak hanya pintar saja tetapi juga harus pandai bersosialisasi.

Kegiatan Campus Expo ini difasilitasi oleh para alumni Angkatan 44 yang berkolaborasi dengan Tim Bimbingan dan Konseling (BK) MAN Kota Batu. Campus Expo kali ini tidak hanya menghadirkan alumni dari berbagai perguruan tinggi yang berada di provinsi Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, namun juga luar negeri. Perguruan tinggi dalam negeri meliputi ITS, UIN MALANG, UM, STIKES MAHARANI, UI, IIK BHAKTI WIYATA, UNMER, POLINEMA, UB, POLKESMA, UIN TULUNGAGUNG, UPN JATIM, UNISMA, ITSK SUPRAON, ISI SURAKARTA, UGM, UNESA, UMM, UIN SA Surabaya, UT, IAIN KEDIRI, PIP (Politeknik Ilmu Pelayaran), STT Multimedia Internasional, sedangkan satu mahasiswa dari perguruan tinggi luar negeri yaitu Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Selain stand universitas yang bisa dikunjungi para siswa dan bertanya secara langsung tentang kampus yang akan dituju, dalam acara ini juga ada talk show yang bertema “Explore Your Abilities, Create Your Opportunities”  dengan menghadirkan 4 narasumber yang mewakili para alumni. Salwa dari UI Jurusan Fisioterapi, Aldi dari UGM Jurusan Arkeologi, Alya dari Al-Azhar Cairo Jurusan Ushuluddin dan Soni yang sudah bekerja di Hotel Metropole bagian receptionist. Melalui acara talk shaow ini para siswa banyak memperoleh informasi bagaimana cara menemukan peluang untuk mengembangkan potensi diri, bahkan cara untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai. Para siswa tidak menyia-nyiakan kesempatan berdialog dengan para narasumber. Narasumber dengan antusias membagikan tips dan pengalaman mereka agar berhasil masuk universitas impian. Aldi, salah satu nara sumber juga memberikan semangat untuk tidak berkecil hati saat usaha untuk meraih kampus impian tidak semulus yang diharapkan. “tidak diterima di jalur SNBP bukanlah akhir dari segalanya, karena masih bisa melalui jalur lain. Yang terpenting kitab bisa menentukan apa yang kita minati dan inginkan. “Kuliah itu bukan sekedar gengsi tetapi belajar yang akan kita lalui dan menentukan masa depan kita. Jangan terlalu nyaman di zona nyaman”, papar Aldi.

Alya dan Salwa berbagi cerita awal kebingunan untuk memilih perguruan tinggi, namun setelah melakukan konsultasi dengan BK dan rajin mencari informasi melalui Google maupun IG , mereka baru memiliki keyakinan akan perguruan tinggi yang dipilih. Alya yang berhasil menembus Universitas Al-Azhar, bahkan sengaja mengikuti bmbingan Bahasa Arab di kampung Arab Pare Kediri. Selain usaha yang keras untuk meraihnya, menurut Salwa dan Alya, kesuksesan mereka tidak lepas dari ridho orang tua. “Selain usaha belajar giat, jalur langit melalui doa dan restu orang tua juga sangat penting”, kata Alya.

26 Universitas Dalam dan Luar Negeri Ramaikan Campus Expo MAN Kota Batu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *