MAN Kota Batu – Rabu pagi (7/2/2024), civitas akademika Man Kota Batu mengikuti pengajian dalam rangka peringatan Isra Mi’raj 1445 H. Dengan tema “Jadikan salat sebagai kebutuhan di tengah terpaan digitalisasi”. Pengajian ini dilakukan dengan sistem hybrid dengan siswa kelas X dan XII di aula dan siswa kelas XI melalui streaming YouTube di kelas bersama wali kelas masing-masing. Madrasah mengharapkan para siswa khusunya dan segenap warga MAN Kota Batu dapat mengambil pelajaran dari kegiatan ini. Turut mengundang sebagai penceramah Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I, guru besar PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kegiatan diawali dengan pembacaan sholawat dhiba’iyah yang dibawakan oleh grup banjari MAN Kota Batu Annadhzifah, dan dilanjutkan dengan tilawah QS. Al-Isra’ (17): 1-4 oleh Dyah Sekar Arum, siswi kelas XI Agama 2. Farhadi selaku Kepala Madrasah membuka acara dengan mengajak hadirin pada umumnya untuk memaknai peristiwa isra’ mi’raj, “Isra miraj merupakan peristiwa luar biasa, yaitu perintah shalat. Dan inilah yang membedakan antara muslim dan non muslim.” dan para siswa khususnya untuk mendengarkan, memahami dan mengamalkan pelajaran tentang shalat yang akan disampaikan oleh penceramah.

Penceramah yang lebih dikenal dengan ustadz Hamka, menegaskan dua fondasi penting yang harus diperhatikan; peranan perempuan sebagai fondasi negara, dan shalat sebagai fondasi agama. Selain itu, Hamka juga mengajak hadirin untuk belajar sholat dari guru yang benar, karena maraknya guru-guru dadakan yang berseliweran di media sosial. Hamka menjelaskan bahwa shalat juga berfungsi untuk menjaga hati, pikiran dan fisik. Di akhir ceramah, juga disampaikan kepada para siswa syarat mendapatkan ilmu berdasarkan nadhom alala sebagai bekal para siswa dalam menempuh pendidikan di MAN Kota Batu. Hamka juga memberikan cerita pengalaman dan wejangan berupa kiat-kiat sukses, “Ingin sukses minimal dua, birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua) dan jaga shalat!”

pengajian lengkap bisa disimak melalui tautan di bawah ini

https://www.youtube.com/live/KplmvHWa5ow?si=0_lapTboQk61ht9-&t=951

Guru Besar UIN Malang Ajak Warga MAN Kota Batu Memaknai Pentingnya Sholat
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *