Ternate — Prestasi kembali diukir peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu pada Madrasah Young Research Supercamp (Myres) Nasional tingkat SMA/MA Tahun 2024. Arraya Raihan Arizolla, Utiya Rahma dan Yassar Izaz Najwa Alfarizky, ketiganya merupakan siswa kelas 12 MIPA 1 memboyong medali perunggu dibidang  Metematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST).

Myres adalah kompetisi riset yang digelar setiap tahun oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag. Pada tahun ini ajang Myres digelar pada  3-6 September 2024 di Ternate, Maluku Utara.

Ini merupakan kedua kalinya MAN Kota Batu masuk pada seleksi Myres setelah sebelumnya di tahun 2023, tim MAN Kota Batu yang diwakili oleh M. Faza Akmal Mubaraok dan Faiqotul Himmah Yulizma meraih Juara 2 bidang yang sama.

 

Para Juara MYRES 2024 – Ternate pada sat pengumuman pemenang.

Ketua Tim Riset MAN Kota Batu Utiya Rahma menyampaikan, delegasi MAN Kota Batu melakukan riset dengan judul “Tahun Kedua: Potensi Jamur Edible dalam Pendegradasian Secara Enzimatik Plastik Tipe LDPE, PET dan PS”. Keberhasilan meraih juara 3 ini ikut menjadikan Provinsi Jawa Timur sebagai Juara Umum Myres 2024.

Menurut Utiya, penelitiannya berangkat dari permasalahan plastik yang masih kurang dalam penanganannya terutama di wilayah Kota Batu. Dari sinilah muncul ide untuk mulai mengolah limbah plastik dengan cara lain bukan dengan cara dibakar atau digunakan ulang sebagaimana mestinya. Tujuannya agar muncul inovasi baru pengolahan plastik yang aman bagi manusia dan lingkungan.

Penelitian ini juga melanjutkan penelitian sebelumnya yang sudah pernah digagas oleh kakak kelas, hanya yang membedakan adalah jamur yang digunakan sebagai pengurai plastiknya. Jika penelitian sebelumnya menggunakan jamur patogen, pada peneltian ini menggunakan jamur edible sebagai sumber pengurainya.

 

Jamur Tiram sebagai pengurai plastik

”Kelebihan jamur edible adalah bisa digunakan sebagai jamur konsumsi yang aman bagi manusia, sedangkan yang kami pilih adalah jamur tiram, jamur kuping dan jamur sitake,” papar Yassar.

Harapannya penelitian ini ke depan bisa dikembangkan secara luas dan mempunyai dampak bagi masyarakat. Dia berharap bisa mengembangkan penelitian-penelitian yang lain bersama teman-teman Tim Riset MAN Kota Batu,” pungkas Utiya.

“Alhamdulillah peserta didik kita, pada Myres 2024 tingkat SMA/MA kembali sukses meraih Juara 3 bidang Metematika, Sains dan Pengembangan Teknologi. Meskipun tahun lalu kita bisa juara 2, tetapi tahun ini juga tidak kalah membanggakan terlebih lagi persaingannya juga semakin ketat,” terang Kepala MAN Kota Batu Farhadi.

“Terima kasih atas kerja kerasnya anak-anak, pembina dan seluruh guru dan tenaga kependidikan, terutama kepada support dari wali murid,” sambungnya.

Alhamdulillah, prestasi Nasional yang diraih Tim MAN Kota Batu ini, akhirnya menjadikan Jawa Timur menjadi Juara Umum di ajang Myres ini. Prestasi ini tidak terlepas dari kolaborasi yang padu antara civitas akademika MAN Kota Batu yaitu stakeholder, guru, pembina dan alumni yang terus melakukan pelatihan intensif dalam beberapa tahun terakhir, sehingga kita dapat mempertahankan prestasi di bidang akademik,” pungkas Farhadi dalam sambutannya ketika apel upacara.

Jamur Edible Antarkan Riset MAN Kota Batu Raih Perunggu MYRES 2024
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *