Sabtu, 27 Agustus 2022. Kemenag Kota Batu bekerja sama dengan Perpustakaan MAN Kota Batu, menyelenggarakan sosialisasi dan Diklat penulisan buku “Madrasah: Dulu, Kini dan Nanti”. Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan giat menulis tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Kemenag Kota Batu, dan juga mengawali “Hari Amal Bakti Ke-77 Kemenag RI Tahun 2023”. Diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan kemampuan literasi tenaga pendidik dan kependidikan, di lingkungan Kemenag Kota Batu.

buku2
Bertempat di aula MAN Kota Batu, kegiatan ini diawali dengan sambutan pembukaan dari Kasi Pendma, Bapak Tri Nugraha Basuki S.Sos. Beliau menyampaikan bahwa menjadi guru bukanlah halangan untuk menjadi seorang penulis. Kegiatan literasi sekarang ini tengah menjadi fenomena baru di semua kalangan, dan semakin banyak instansi yang berlomba-lomba untuk menerbitkan buku. “Kita sebagai warga madrasah harus bisa menunjukkan identitas kita kepada masyarakat bahwa guru madrasah juga bisa menulis buku”, imbuh beliau.
Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan materi kepenulisan dan Mind Mapping oleh narasumber Ibu Dwi Tjahyaningrum. Dijelaskan bahwa Mind Mapping merupakan bagian dari proses menulis kreatif yakni sebagai alat berpikir yang bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak. Kemudian membentuk suatu kerangka berpikir, yang selanjutnya diproses dengan membentuk kalimat yang menarik.
Pada Diklat penulisan tersebut, narasumber meminta seluruh peserta untuk menuliskan minimal satu mind mapp pendek untuk mendeskripsikan suatu objek dan menuangkannya dalam tulisan. Meski masih dalam tahap pembelajaran, terlihat seluruh peserta antusias untuk mengikutinya, dan menyampaikan apa yang dituliskannya.

buku3
Diklat penulisan yang dilaksanakan pada pukul 08.00 hingga 11.30 WIB ini berjalan dengan lancar. Tidak berhenti sampai di situ, peserta Diklat ini nantinya harus mendiseminasikan ilmu yang diperoleh dari Diklat ini kepada rekan-rekannya, yang berada di lembaga masing-masing. Diklat Penulisan ini nantinya akan berlanjut dengan lomba menulis dalam rangka HAB Ke-77 Kemenag RI, dan diperuntukkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di seluruh lingkungan Kemenag Kota Batu, mulai jenjang RA sampai MA. Adapun hasil tulisan, akan diseleksi dan dipilih naskah yang terbaik untuk dijadikan buku antologi dengan judul “Madrasah: Dulu, Kini dan Nanti”. (Din & Tim RedAksi)

Kemenag Kota Batu dan Perpustakaan MAN Kota Batu Bekerja Sama Mengadakan Sosialisasi dan Diklat Penulisan untuk Seluruh Guru RA sampai MA di Kota Batu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *