Batu, Rabu, 23 Agustus 2022. Menghadapi pemilu tahun 2024 mendatang, KPU Kota Batu telah memulai persiapan untuk menghadapi pemilu serentak, yang akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024. Salah satu langkah persiapan KPU Kota Batu adalah memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula, yang dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah di kota Batu. Salah satunya adalah MAN Kota Batu. Pada sosialisasi ini, acara dibuka oleh Waka Kurikulum, Yusna Affandi, M.Pd. Dalam sambutannya, Yusna memberikan apresiasi baik terhadap program ini karena selaras dengan “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” yang merupakan salah satu target dari “Merdeka Belajar”. Acara yang bertajuk “KPU Goes To School” ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepemilihan kepada calon pemilih pemula. Lebih lanjut, Marlina selaku komisioner KPU mengharapkan setelah para siswa memahami tentang pemilu, mereka akan menjadi influencer bagi teman-temannya, keluarga, dan masyarakat sekitar, terkait dengan informasi-informasi kepemilihan dalam pemilu.

kpu2
Dalam sosialisasi ini, Marlina menjelaskan siapa saja yang akan dipilih dalam pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Sebagai calon pemilih pemula, siswa-siswi dianjurkan untuk berpartisipasi dalam pemilihan tersebut. Bahkan siswa-siswi yang sudah memiliki hak suara tetapi belum terdaftar di KPU, disarankan untuk bersedia mendaftarkan diri. Dalam usaha memilih pemimpin sesuai azas-azas pemilu, Marlina menambahkan bahwa sebagai pemilih pemula, setidaknya harus mempelajari profil dan misi-misi para calon. Mereka diharapkan menjadi pemilih yang cerdas dan memiliki integritas. Mereka dihimbau untuk tidak menjadi bagian dari praktik money politics. Para siswa diminta untuk memperkaya literasi terkait dengan informasi pemilu dan calon-calon yang akan dipilih.
Pada penutupan materi, Marlina kembali menghimbau para siswa untuk menjadi volunteer kemasyarakat sekitar guna mensosialisasikan tentang pemilu. Harapannya kepada para siswa, dengan memiliki pengetahuan yang baik tentang pemilu maka di pemilihan umum nanti akan didapatkan pemimpin- pemimpin yang amanah, jujur, dan berintegritas untuk membawa masyarakat menjadi lebih baik. (Ani &Tim Red).

SOSIALISASI KPU UNTUK PEMILIH PEMULA DI MAN KOTA BATU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *