WhatsApp Image 2022 10 28 at 08.04.51

Batu, 26 Oktober 2022, MAN Kota Batu kembali mendapat kunjungan kesehatan, kali ini Tim Puskesmas Sisir Kota Batu, mengajak remaja khususnya remaja putri untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh untuk mencegah anemia. Acara ini diikuti oleh 200 siswi MAN Kota Batu. Acara yang bertajuk “Gerakan Aksi Bergizi” ini serentak dilaksanakan di seluruh sekolah di Indonesia, sasaran kegiatan aksi gizi ini terutama adalah remaja putri dan balita usia 2 tahun. Hal ini dilakukan mengingat tingginya angka stunting di Indonesia. Remaja merupakan cikal bakal dari penerus bangsa oleh sebab itu kegiatan aksi gizi ini dilakukan untuk membentuk generasi yang sehat.

Kegiatan Aksi Bergizi ini dilaksanakan di aula MAN Kota Batu,  diawali dengan senam sehat dipandu oleh Nur Hasyim, S. Pd salah satu guru olah raga MAN Kota Batu. Hayati, dari Dinas Kesehatan menyampaikan tentang pentingnya kesehatan remaja putri sebagai calon ibu dalam mengurangi angka stunting di Indonesia. Dalam acara ini, siswa juga diberikan penjelasan tentang makanan sehat dan kandungan apa saja yang ada pada tubuh. Hayati menambahkan cara untuk mencegah stunting adalah dengan cara menjaga pola makan dan  makanan bergizi terutama yang mengandung protein dan kalsium.

 

Selain senam sehat yang dilakukan di awal acara,  juga dilakukan sarapan bersama. Ria dari Promosi Kesehatan yang memandu acara ini, mengatakan bahwa sarapan dipagi hari sangat bermanfaat untuk kosentrasi juga imunitas tubuh agar kuat berenergi dalam beraktivitas pagi. Mereka menganjurkan agar sarapan pada pagi hari dengan tidak berlebihan dan lebih mengutamakan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti susu. Selain itu  manfaat lainnya untuk mencegah stunting atau kekurangan gizi sehingga tidak terjadi hambatan pada tinggi badan seorang remaja. Setelah sarapan bersama, dilanjutkan dengan meminum obat tablet penambah darah yang diberikan oleh Puskesmas secara serentak dengan bertujuan untuk mencegah anemia. Tablet penambah darah ini diberikan kepada masyarakat terutama pada para remaja putri. Selain membagikan tablet penambah darah, pihak Dinkes juga mengadakan fasilitas gratis cek kandungan hemoglobin dalam darah

WhatsApp Image 2022 10 28 at 08.04.53

Dalam upaya menyukseskan Gerakan Aksi Bergizi ini,selain melakukan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah, menurut Hayati dan Emi selaku ketua dari Dinas Kesehatan kota Batu juga mensosialisasikan program ini melalui media sosial. Mereka berharap, sosialisasi yang disampaikan kepada siswa di sekolah-sekolah akan disebarluaskan ke masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, para remaja putri diharapkan mengetahui betapa pentingnya makan-makanan bergizi, Hayati juga menganjurkan untuk meminum tablet penambah darah seminggu sekali dan setiap hari saat datang bulan.

 Di akhir acara ditanyakan bagaimana kesan saat mengadakan kegiatan ini di MAN Batu, “senang, kompak, pinter, responnya bagus” tutur Hayati. ( Meyla, Bella, Nada, Nida )

Cegah Stunting, Dinas Kesehatan Sosialisasikan “Gerakan Aksi Bergizi”
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *