WhatsApp Image 2022 12 12 at 08.05.14

Batu, 12 Desember 2022. Prestasi membanggakan kembali diukir oleh MAN Kota Batu di bidang Karya Tulis Ilmiah. Pasangan siswi kelas XII IPS 2 Fidzia Alima dan Rosiana Fitri Fadilah berhasil memenangkan medali perak pada even National Paper Competition 2022 kategori esai pelajar yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Fonetik Fakultas Ilmu dan Budaya Universitas Brawijaya.

Lomba dengan tema Pentingnya Menjadi Makhluk Sosial yang Berbudaya dalam Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia ini dibuka sejak awal November 2022. Di tengah kesibukan mempersiapkan agenda Penilaian Akhir Semester, Fidzia dan Rosiana mendaftarkan esai berjudul Efektivitas Edukasi Berbasis Website Excation (Sex Education) Sebagai Usaha Pencegahan Pelecehan Seksual di Kota Batu di akhir pendaftaran gelombang 2.

“Karena PAS dan kegiatan OSIS, Rosi juga sibuk les, akhirnya di hari terakhir pendaftaran (Red. 23 November 2022) jam 22.00 saya baru minta revisi kepada pembimbing  dan ternyata saya salah. Padahal harusnya ditulis esai, saya tulis full paper. Jadi jam 23.59 terakhir pengumpulan, saya ngirim mungkin jam 23.30,” jelas Fidzia ketua kelompok.

Keduanya berharap Excation bisa diketahui dan dimanfaatkan oleh sebanyak-banyaknya remaja. Melalui Excation, diharapkan bisa mengedukasi para remaja agar tahu batasan-batasan dari pelecehan seksual. Jangan sampai mereka menjadi korban atau pelaku pelecehan seksual karena ketidaktahuannya. “Sekarang catcalling hampir-hampir sudah dinormalisasi. Orang menganggap itu adalah hal biasa ketika di jalan disapa ‘cewek’. Bahkan ada kasus yang malah salah sangka menganggap pelecehan seksual adalah bentuk perhatian karena sayang,” ungkap Fidzia.

Rofiul Alim sebagai salah satu pembimbing juga menambahkan bawa Excation yang berbasis web ini merupakan salah satu wadah edukasi seksual yang tepat ketika masyarakat kita masih merasa canggung jika harus membicarakan seksual secara terang-terangan meskipun itu untuk kepentingan pendidikan. (Vit&TimRed)

Berlaga di National Paper Competition UB 2022, MAN Kota Batu Bawa Pulang Medali Perak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *