MAN Batu, Pasca pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil kelas X, XI dan XII Tahun Pelajaran 2022/2023, MAN Kota Batu mengadakan berbagai kegiatan perlombaan antarkelas (classmeeting). Kegiatan yang dimotori oleh OSIS MAN Kota Batu ini memperlombakan berbagai cabang olahraga dan kesenian. Lomba di cabang olahraga meliputi tarik tambang, gobak sodor dan bola voli. Sementara di cabang kesenian berkolaborasi dengan tim redaksi sekolah mengadakan lomba karikatur dan komik. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan sekolah dan aula tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Madrasah, Drs. Farhadi M.Si pada Rabu (14/12) lalu.

Kegiatan class meeting ini diselenggarakan dalam kurun waktu enam hari mulai tanggal 14-21 Desember 2022. Setiap kelas diwajibkan mengirim wakilnya di setiap perlombaan sesuai dengan juknis yang telah dibuat oleh OSIS MAN Kota Batu selaku panitia penyelenggara.

Class meeting ini mari kita jadikan ajang refreshing setelah kita melakukan PAS. Kalau kemarin kita sibuk belajar sehingga otot tegang semua, maka pada class meeting ini saatnya kita bersenang-senang sekaligus memupuk sikap sportivitas dan persaudaraan melalui lomba yang ada”, jelas Farhadi dalam sambutan pembukaan kegiatan class meeting.

Setelah melakukan apel pembukaan pada Rabu pagi (14/12), lomba tarik tambang menjadi lomba pembuka dalam kegiatan class meeting tahun ini. Pada lomba tarik tambang, setiap kelas wajib mengirim satu tim yang terdiri dari tiga putra dan tiga putri sebagai peserta lomba. Sistem kemenangan dua kali menjadi acuan dalam menentukan sang pemenang di babak penyisihan sampai dengan babak final.

Pertandingan yang dilaksanakan terpusat di lapangan sekolah ini, mendapat banyak perhatian dari seluruh peserta didik maupun dewan guru. Suara dukungan dan semangat dari para suporter turut memeriahkan setiap pertandingan. Seluruh peserta didik dan dewan guru terlihat sangat antusias mengikuti jalannya perlombaan. Pada lomba tarik tambang, kelas XII IPS 2 berhasil keluar sebagai juara 1 setelah berhasil menumbangkan kelas XII IPS 1 pada babak final dengan kedudukan 2-1 untuk kemenangan XII IPS 2.

WhatsApp Image 2022 12 21 at 13.32.37 2

Pada hari kedua, adalah perlombaan permainan tradisional gobak sodor. Gobak sodor merupakan permainan tradisional yang dilakukan secara beregu dan membutuhkan kelincahan, kecepatan, serta strategi permainan untuk bisa mendapatkan poin dan menghindari tangkapan dari para algojo atau tim penjaga garis. Permainan ini sengaja dipilih untuk mengenalkan permainan tradisional kepada peserta didik MAN Kota Batu dan sekaligus sebagai salah satu bentuk melestarikan permainan tradisional  Indonesia.

Sebagaimana lomba lainnya, gobak sodor wajib diikuti oleh seluruh kelas. Setiap kelas wajib mengirimkan satu tim yang beranggotakan lima putri. Peserta yang bertanding mendapatkan kesempatan untuk menjadi tim penyerang dan juga sebagai tim bertahan. Akumulasi poin yang di dapatkan menjadi penentu pemenang dalam setiap pertandingan.

Tim gobak sodor yang berhasil merebut posisi pertama adalah kelas XII MIPA 1 setelah pada babak final berhasil mengungguli kelas XI IPS 1. Kekompakan dan kelincahan dari XII MIPA 1 berhasil meruntuhkan pertahanan kokoh dari XI IPS 1 sehingga mereka bisa merebut podium pertama.

 

Hingga hari keempat pelaksanaan class meeting berlangsung meriah. Selain perlombaan tarik tambang dan gobak sodor yang telah dilalui di hari pertama sampai hari ketiga, perlombaan di hari keempat diawali dengan pertandingan bola voli. Semua pertandingan bola voli dipusatkan di lapangan sekolah. Dari beberapa perlombaan yang ada, perlombaan bola voli merupakan lomba yang paling dinantikan oleh seluruh peserta didik. Antusias dan semangat dari para pemain dan suporter begitu tinggi menjadikan lomba yang satu ini menjadi yang paling seru di antara lomba lainnya.

Pergelaran lomba voli tahun ini berbeda dengan format yang dipakai pada tahun sebelumnya, jika pada tahun kemarin satu tim hanya berisikan 6 pemain putri maka pada tahun ini setiap tim bisa diisi oleh 3 putra dan 3 putri. Dari format ini juga bisa menambah daya saing dan semangat para peserta dalam meraih kemenangan.

Gelar tim terbaik pada perlombaan bola voli tahun ini berhasil direbut oleh kelas XII Agama setelah pada babak final berhasil menumbangkan juara bertahan XII MIPA 1. Pada babak final pertandingan berjalan dengan ketat dan terjadi kejar mengejar poin. Kedua tim sama-sama bekerja keras untuk bisa meraih kemenangan. Pada akhirnya kelas XII Agama berhasil menjadi kampiun setelah menang 2 set langsung dengan skor 15-13 dan 17-15. Dengan hasil ini, XII MIPA 1 harus rela menanggalkan gelar juara bertahan mereka di tahun sebelumnya.

 

Adu kreativitas pada Lomba Komik dan Karikatur juga tak kalah menariknya.

Lomba komik dan karikatur ini merupakan lomba yang diadakan oleh panitia berkolaborasi dengan tim redaksi MAN Kota Batu. Selain sebagai hiburan, tujuan utama lomba komik dan karikatur ini adalah untuk menyalurkan kreativitas para peserta didik sekaligus menjaring peserta didik yang mempunyai bakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam keredaksian.

WhatsApp Image 2022 12 21 at 13.32.40

Lomba karikatur sendiri diikuti oleh 34 peserta dari perwakilan setiap kelas mulai dari kelas X, XI dan XII. Tema yang diangkat sebagai ide pembuatan karya adalah “Cinta Madrasah”. Sementara itu, untuk lomba komik, satu tim maksimal bisa mendaftarkan 3 orang sebagai kreator komik mewakili kelasnya masing-masing. Kegiatan menggambar ini dilaksanakan di ruang kelas X IPS 1, X IPS 2 dan X MIPA 5.  Sebanyak 34 peserta terlihat begitu teliti dan hati-hati dalam menuangkan kreativitas mereka. Kreasi peserta dalam membuat komik sangat variatif, mulai dari yang hanya menggunakan coretan hitam putih dengan pensil, atau yang menggunakan pensil warna, dan ada juga yang menggunakan cat air sebagai penyempurna karyanya.

Pada hari Senin (19/12), semua karya dari peserta lomba kreasi komik dan karikatur ini dipajang untuk bisa dinikmati oleh semua warga MAN Kota Batu. Sebuah galeri mini disediakan di aula sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh karya yang telah dibuat. Setelah melewati proses penilaian dari tim dewan juri, yang berhasil meraih juara 1 pada lomba karikatur adalah Nadine Revina dari X MIPA 1, disusul Zaidan Wafi kelas XII MIPA 4, dan Rochman Aji Maulana kelas XII Agama di urutan ketiga.

Sedangkan untuk lomba komik, kelas X Bahasa berhasil menjadi juara 1, juara 2  karya dari kelas XII IPS 2 dan disusul kelas XII IPS 1 sebagai juara ketiga.

Sebagai acara penutup, seluruh warga madrasah disuguhi  berbagai macam pertunjukan dari perwakilan angkatan kelas X, XI dan XII. Kelas X menampilkan band akustik yang membawakan beberapa lagu hits. Disambung dengan penampilan Tari Saman dan pertunjukan pencak silat dari kelas XI, yang berhasil memukau seluruh penonton dengan atraksinya. Drama kolosal dari kelas XII menutup kegiatan class meeting tahun ini dengan penuh rasa haru dan bahagia.

WhatsApp Image 2022 12 21 at 13.32.33

Harapannya kegiatan class meeting bisa menjadi aktivitas penyegaran yang positif bagi seluruh warga madrasah setelah menjalani rutinitas belajar selama satu semester. (Din&TimRedAksi)

ClassMeeting 2022 Ajang Kreativitas dan Hiburan Warga Madrasah Usai Penilaian Akhir Semester  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *