WhatsApp Image 2022 12 22 at 08.17.51 2

Rabu, 21 Desember 2022. Makoba Choir memperoleh Juara 1 Lomba Paduan Suara (Padus) tingkat MI, MTs, MA. Lomba diadakan dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kemenag RI di lingkungan Kankemenag Kota Batu tahun 2022. Tim padus bimbingan Dwi Tjahjaningrum ini tak kenal lelah dalam berlatih. Selama satu minggu setelah PAS mereka intensif latihan. Menurut Dwi salah satu kunci sukses padus adalah disiplin, mengenal teknik bernyanyi dan cemistry antar vokalis. Beliau berhasil menyatukan berbagai karakter siswa dari kelas X, XI dan XII. Sehingga terbentuklah cemistry yang baik antar vokalis dan juga dirigen.

Dalam kegiatan ini para juri paduan suara memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta. Kriteria penilai meliputi suara, penampilan dan aransemen lagu.  Amandus Gabhe Joa, salah satu juri menyarankan untuk membuka mulut dengan benar saat menyanyi agar bisa terdengar jelas artikulasinya.

Yoswa Lisan Sionita salah satu juri lain memberikan apresiasi kepada Dava Aditiya Pratama dari kelas X IPS 1. Menurutnya dirigen yang baik adalah yang bisa mengatur para vokal dengan benar dan memahami fungsi dari gerakannya, dimana tangan kiri dirigen itu berfungsi untuk mengatur dinamika suara tinggi rendah dan tebal tipis suara. Bahkan dirigen juga boleh bergerak berekspresi mengikuti ketukan musik.

Sementara itu Latih Yudiansyah juga menjelaskan ada kesalahan-kesalahan kecil yang umum terjadi pada lomba paduan suara. Konduktor/dirigen tidak perlu berjalan seperti paskibra pada saat masuk panggung. Hanya konduktor yang memberi salam lalu mengatur vokalis. Begitu juga dengan aturan tepuk tangan dalam lomba paduan suara atau pertunjukan padus, hanya diperbolehkan di awal dan akhir penampilan saja. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu proses penjurian.

Tim paduan suara MAN Kota Batu berhasil meraih juara 1, karena mereka memahami isi lagu dan memraktekkan teknik paduan suara. Teknik paduan suara tersebut meliputi vocal, pernapasan, penguasaan panggung, gerak/gesture dan bidikan nada dengan benar. Mereka terbagi dalam kelompok suara sopran yang terdiri dari Nadyela Kirani Salsabila (X Mipa 2), Shakinata shailla ristiyansyah (X MIPA 5), Najja Nuzulia Rahmadhani (X MIPA 3), Arsy Az zahwa (X agama 2), Nabila Ardelia Putri Agista (12 Bahasa) dan Nandia Marsha Sikita (XII Bahasa). Suara Alto Berliana Oryzia Sativa (X IPS 4), Shaffa Nur Salsabilah (XI Bahasa), Qonitah Diyanah Fardah (12 MIPA) dan Rafanda Pavita (12 Bahasa). Suara tenor Ahmad Aji Wijaya (X Agama 2), M Hamzah Affan (XI IPS 4), Thoriq Abdul Wahab (XI Agama 2) dan M. Arya Kautsyar (XII MIPA 1). Kelompok suara bass Haidar Zaman Al Haq (X MIPA 4), Abdullah Naufal Zaki (X IPS 3), Mochamad Fathan Avansyah (XI IPS 4), Ahmadani Fariel Deovan Pratama (XI MIPA 1), Ghariza Lazuardi (XII Bahasa) dan dipimpin oleh satu dirigen  Dava Aditiya Pratama (X IPS 1). (Ind&TimRedAksi)

WhatsApp Image 2022 12 22 at 08.17.53 1

Suara Cinta Tim Makoba Choir Berhasil Meraih Juara 1 Padus Se-Kota Batu  

Satu gagasan untuk “Suara Cinta Tim Makoba Choir Berhasil Meraih Juara 1 Padus Se-Kota Batu  

  • 22 Desember 2022 pukul 09:02
    Permalink

    ❤️❤️❤️❤️❤️

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *