Batu, 3 Januari 2023. Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Kota Batu, melaksanakan upacara Hari Amal Bakti ke-77 di halaman Gedung SBSN MAN Kota Batu, dengan tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”. Para peserta upacara mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Upacara ini juga dihadiri oleh Zadim Efisiensi selaku PLH Wali Kota Batu, Kepala Dinas, dan tokoh agama Kota Batu.

WhatsApp Image 2023 01 04 at 04.17.33

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Batu,  Imam Turmudzi. Dalam sambutannya, Turmudi menyampaikan  amanat dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang mengatakan bahwa setiap pergantian tahun baru bagi insan Kementerian Agama selalu memiliki makna tersendiri. Sampai di tahun yang ke-77 Kementerian Agama sudah melaksanakan peran sesuai dengan khittoh Kementerian Agama.

Lebih lanjut, Kementerian Agama hadir dengan berbagai perubahan yang diakui  melalui pencapaian 22 apresiasi yang diterima oleh Kementerian Agama. Dalam hal pelayanan kepada umat, Kementerian Agama terus meningkatkan semangat transformasi melayani umat, perbaikan birokrasi, dan inovasi digital.

Selain itu, kerukunan umat merupakan prasyarat pembangunan yang harus dijaga. Terlebih di tahun politik yang akan dihadapi. Kita harus belajar dari tahun demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang dampaknya masih dirasakan hingga sekarang. Diharapkan, ASN Kemenag bisa menjadi simbol kerukunan dan persaudaraan.

“Semoga Kementerian Agama tetap jaya dan menjadi oase pelayanan masyarakat,” tuturnya di akhir amanat.

WhatsApp Image 2023 01 04 at 04.17.33 3

Setelah pembacaan doa, upacara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Satya Lencana Karya Satya. Penghargaan pertama Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, diberikan kepada Diah Rahmawati, guru MAN Kota Batu. Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun, diberikan kepada Imroatul Kosia, guru MAN Kota Batu, dan Dicky Sidharta Putra, pegawai Kankemenag Kota Batu.

Acara selanjutnya, penyerahan Piagam Statistik Pesantren yang diwakili oleh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Al Husna Sidomulyo, Mamba`ul Ulum Junrejo, dan Al-Furqon Bumiaji. Rangkaian upacara HAB Kemenag Kota Batu diakhiri dengan penyerahan buku karya guru dan pengawas Kementerian Agama Kota Batu bertema “Madrasah Dulu, Kini, dan Nanti” dengan judul “Kuingin Bahagia” terbitan PT. Elex Media Komputindo. (Vita&TimRedAksi)

Semarak Kerukunan Umat pada Upacara Hari Amal Bakti ke-77 Kemenag RI
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *