Pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mencapai Indonesia yang adil dan makmur. Siswa sebagai sumber daya manusia masa depan bangsa perlu disiapkan untuk menjawab harapan-harapan tersebut. Tanpa adanya peraturan, tidak hanya siswa, tetapi guru juga dapat menampakkan perilaku yang tidak sejalan dengan norma-norma pendidikan dan pembelajaran. Karenanya disiplin sangat perlu dalam proses belajar mengajar, karena disiplin dapat membantu kegiatan belajar, dapat menimbulkan rasa senang untuk belajar dan meningkatkan hubungan sosial.

 Madrasah dapat membuat kebijakan tertentu dalam bentuk aturan. Salah satunya tata tertib madrasah, di mana siswa mempedomani tata tertib madrasah itu dalam rangka keberhasilan proses belajar mengajar, dan membentuk karakteristik siswa agar disiplin dan bertanggung jawab. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh dalam melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya atau dengan kata lain suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam melaksanakan tanggung jawab sudah seharusnya dilakukan. Disiplin sebagai kepatuhan dan ketaatan yang muncul karena adanya kesadaran dan dorongan dari dalam diri sendiri.

Tata tertib berarti seperangkat peraturan yang berlaku untuk menciptakan kondisi yang tertib dan teratur. Kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di madrasahnya itu bisa disebut dengan disiplin siswa. Sedangkan peraturan, tata tertib dan berbagai ketentuan lainnya yang bertujuan mengatur perilaku siswa disebut disiplin madrasah.

A. Tata tertib di madrasah

Semua lembaga pendidikan atau madrasah pasti dilengkapi dengan tata tertib masing-masing.  Tata tertib madrasah merupakan semua peraturan dan ketentuan yang telah dibuat oleh pihak madrasah. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana di lingkungan madrasah yang aman dan juga nyaman. Setiap madrasah pasti mempunyai peraturan yang  berbeda satu dengan lainnya. Namun isinya sama-sama mencerminkan nilai-nilai yang positif dan tidak ada nilai negatif di dalamnya.

Tujuan tata tertib madrasah sangat penting. Secara umum dibuatnya tata tertib madrasah mempunyai tujuan utama agar semua warga sekolah mengetahui apa tugas, hak dan kewajiban serta melaksanakan dengan baik sehingga kegiatan madrasah dapat berjalan dengan lancar. Prinsip tata tertib madrasah adalah diharuskan, dianjurkan dan ada yang tidak boleh dilakukan dalam pergaulan di lingkungan madrasah.

Tata tertib madrasah harus ada sanksi atau hukuman bagi yang melanggarnya. Menjatuhkan hukuman sebagai jalan keluar terakhir, harus dipertimbangkan perkembangan siswa. Sehingga perkembangan jiwa siswa tidak dan jangan sampai dirugikan.

B. Tujuan dari tata tertib madrasah

Bisa dibayangkan bagaimana kalau di suatu madrasah tidak terdapat sebuah tata tertib yang mengatur kegiatan di dalam lingkungan tersebut. Para siswa, guru maupun karyawan bisa saja masuk dengan jam yang tidak menentu dan seenaknya. Pastinya kegiatan belajar mengajar tidak akan bisa berjalan dengan baik dan kondusif sehingga siswa juga sulit mencapai prestasi akademiknya.

Oleh sebab itu dibuatnya sebuah tata tertib di madrasah memiliki tujuan-tujuan tertentu diantaranya yaitu :

  1. Mewujudkan dan mencapai tujuan pendidikan nasional seperti yang diamanatkan oleh Pembukaan UUD’45.
  2. Meningkatkan kemampuan dan ketangguhan madrasah dalam menghadapi berbagai tantangan.
  3. Membentuk mental, karakter, moral, watak dan perilaku positif pada diri siswa supaya menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan penuh rasa disiplin sesuai norma luhur dan norma tuna susila yang wajib dihindari.
  4. Menciptakan sebuah kondisi lingkungan madrasah yang aman, nyaman, tentram serta kondusif sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan lancar.
  5. Melatih dan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri setiap siswa.
  6. Membatasi perilaku tidak baik siswa selama berada di lingkungan madrasah.

C. Manfaat tata tertib madrasah

 Dengan adanya tata tertib, diharapkan siswa dapat memperoleh manfaat baik sebagai berikut :

  1. Mendapatkan lingkungan madrasah yang nyaman dan aman sehingga kegiatan belajar mengajar serta aktivitas lainnya tidak terganggu.
  2. Meniadakan jarak yang bisa berakibat pada munculnya kecemburuan sosial karena perlakuan yang tidak sama pada setiap siswa.
  3. Menumbuhkan rasa kebersamaan karena setiap siswa wajib mematuhi tata tertib madrasah tanpa terkecuali.
  4. Siswa memiliki pedoman dalam berperilaku di madrasah sehingga nantinya di masa depan sudah memahami mana hal yang benar dan mana sesuatu yang salah sehingga harus dihindari.
  5. Melatih siswa untuk mengendalikan diri dari perilaku yang tidak baik dan merugikan dirinya sendiri maupun orang lain serta lingkungannya.
  6. Membangun kesadaran diri siswa bahwasanya pada setiap lembaga pasti memiliki sebuah peraturan yang wajib ditaati.

Dari beberapa point diatas bisa disimpulkan bahwa tata tertib adalah suatu sistem peraturan yang mengikat dan wajib dilakukan oleh siapa saja yang berada di lingkungan maupun organisasi. Sebagai salah satu Madrasah Aliyah unggulan di Jawa Timur tentu saja MAN Kota Batu juga memiliki tata tertib yang bertujuan untuk membentuk karakter positif pada siswa dan mengoptimalkan prestasi mereka.

D. Poin-Poin Penting Ketertiban

  1. Ketepatan Waktu

Ingat!ketepatan waktu tidak hanya disaat akan masuk madrasah ataupun pulang saja,akan tetapi juga saat terdapat seperti pekerjaan rumah mata pelajaran,absen kehadira, maupun yang lainnya.Sebagai seorang murid yang disiplin,maka sudah pasti megetahui bagaimana ketepatan waktu yang seharusnya kita perhatikan

  1. Atribut

Seseorang yang disiplin dan mengetahui akan ketertiban yang harus ia lakukan selama menjadi seorang murdi, akan mengetahui bagaimana kondisi pakaian seragam yang tidak dilengkapi oleh atribut madrasah secara lengkap,pastinya akan merasa aneh bukan? oleh karena itu kita sebagai seorang siswa harus bisa dan mau untuk mematuhi tata tertib madrasah,salah satunya dengan menggunakan atribut madrasah dan menggunakan seragam dengan rapi secara lengkap dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan di madrasah.

  1. Kepribadian

Pada usia seperti sekarang,sebagai anak kalangan remaja pasti telah mengetahui bagaimana cara merias diri dengan baik dan benar.Akan tetapi kita juga harus tahu bagaimana posisi diri kita sebagai seorang murid di madrasah.Selain itu siswa yang baik pasti mengetahui sopan santun, saling merhagai, dan menghormati antara satu sama lain.Sepertihalnya saat ini banyak sekali terjadi perilaku tidak menghormati antara satu sama lain seperti ( melawan guru,memotong pembicaraan orang lain dan lain sebagainya) dan juga terjadi pembullyan antar teman.Itu semua merupakan suatu hal yang tidak baik untuk dilakukan maupun dicontoh.Oleh karena itu sebisa mungkin untuk kita hindari hal tersebut,selain untuk diri kita sendiri menghindari hal ini juga sangat berpengaruh untuk kebaikan orang lain.

  1. Ikut Menjaga Fasilitas Sekolah

Memang benar bahwa madrasah adalah milik seluruh anggota yang ada di sana,tetapi tidak salah apabila kita ikut menjaga fasilitas yang ada di sana bukan?..fasilitas madrasah merupakan suatu hal yang dapat kita gunakan selama kita masih menjadi anggotanya dan juga selama kita akan membutuhkannya.Oleh karena itu kita juga tetap harus menjaga dan melindungi fasilitas-fasilitas yang ada pada madrasah.

  1. Pelanggaran Berat

Pelanggaran berat didalam madrasah merupakan sebuah pelanggaran yang sangat amat begitu fatal apabila dilakukan,karna pelanggaran ini merupakan sebuah pelanggaran yang dapat mencoreng nama baik diri sendiri maupun madrasah.Adapun contoh contoh pelanggaran berat seperti :

  • Menkonsumsi minuman beralkohol.
  • Mengkonsumsi narkoba.
  • Mencuri
  • Membawa senjata tajam.
  • Melakukan pelecehan seksual, perzinaan ataupun kekerasan dst.

Oleh karena itu jagalah diri kita sendiri dari perbuatan yang tidak baik ini.

E.Kesimpulan

Dari artikel diatas,tata tertib merupakan hal penting yang wajib kita terapkan di lingkungan madrasah,karena selain untuk mendisiplinkan diri juga untuk menjaga nama baik madrasah kita.Oleh karena itu mari kita jalankan kewajiban kita sebagai seorang siswa madrasah dengan penuh keikhlasan dan penuh tanggung jawab.

“Wujud cinta madrasah adalah menghormati aturan tata tertib madrasah dengan ikhlas dan mentaatinya.”

(OSSMABA 44)

  1. Pengertian Tata Tertib Sekolah dan Tujuannya. (https://www.smadwiwarna.sch.id/tata-tertib-sekolah/, diakes : 29 Oktober 2022).
  2. Pengertian Tata Tertib Sekolah, Tujuan, dan Manfaatnya. (https://gurubagi.com/pengertian-tata-tertib-sekolah-tujuan-dan-manfaatnya/ , diakses : 29 Oktober 2022).
  3. Tujuan Tata Tertib Sekolah. (https://www.psychologymania.com/2013/02/tujuan-tata-tertib-sekolah.html?m=1 , diakses : 29 Oktober 2022).

Pentingnya Ketertiban di Ruang Lingkup Madrasah
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *