MAN Kota Batu – Sudah menjadi tradisi, agenda tahunan dari salah satu program Ikatan Mahasiswa MAN Batu (IMMB) di MAN Kota Batu adalah  menyelenggarakan ajang silaturahmi sekaligus pengenalan dunia perkuliahan kepada peserta didik kelas XII. Acara dikemas dalam campus expo yang dilaksanakan pada Sabtu, 7 Januari 2023 di Aula dan lapangan MAN Kota Batu sejak pukul 07.00 sampai 14.30 WIB.

Acara ini difasilitasi oleh para alumni angkatan 43 berkolaborasi dengan BK MAN Kota Batu. Acara ini bertujuan memberikan akses bagi kelas XII supaya setelah lulus dari MAN Kota Batu dapat dengan mudah menentukan kampus yang akan dituju. Campus expo diselenggarakan untuk memberikan gambaran mengenai dunia perkuliahan mulai dari tes masuk, proses pendidikan hingga kultur pendidikan yang menjadi ciri khas di setiap kampus.

“Tujuan acara ini untuk memberikan pemahaman yang luas, mengenai jalur masuk kuliah, program studi universitas-universitas yang ada di Indonesia.” Jelas Ketua Pelaksana campus expo Raihan Mujayyid. Dia berharap agar nanti kelas XII semangat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan khususnya mengembangkan kemampuan pribadi masing-masing.

Sebanyak 15 Perguruan Tinggi (PT) negeri maupun swasta ikut ambil bagian dalam Campus Expo ini. Mulai dari perguruan tinggi di wilayah Kota Malang seperti Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN MALANG), Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), POLTEKKES Malang, STIKES Maharani Malang, STIKKES Soepraoen Malang, Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang,  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Islam Malang (UNISMA) hingga perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Airlangga Surabaya dan Politeknik Negeri Jember.

Kegiatan campus expo merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Kegiatan ini menjadi agenda wajib bagi BK MAN Kota Batu guna memfasilitasi peserta didik kelas XII dalam menentukan studi lanjutan yang akan mereka pilih. Hal ini ditegaskan oleh Koordinator  BK MAN Kota Batu Aditya Tribana Wira, dimana Campus Expo merupakan acara yang diselenggarakan tiap tahun oleh BK MAN Kota Batu bekerja sama dengan para alumni bertujuan untuk mempersiapkan diri menuju perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Ini untuk memberikan motivasi teman-teman yang akan melanjutkan studinya dan juga para alumni yang melaksanakan gap year, melalui kegiatan campus expo. Kami mencoba melakukan pendekatan ke mahasiswa-mahasiswa yang merupakan para alumni MAN Kota Batu. Harapannya agar anak-anak kita kelas XII bisa menggali informasi mengenai dunia kampus.” lanjut Aditya.

WhatsApp Image 2023 01 09 at 14.55.11 1

Dengan adanya kegiatan campus expo seperti ini, diharapkan peserta didik kelas XII bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya sehingga mempunyai gambaran untuk menentukan pilihan studi mereka kedepannya. (Din&TimRedAksi).

Gandeng 15 Perguruan Tinggi, MAN Kota Batu Sukses Selenggarakan Campus Expo
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *