MAN Batu, 28 Februari 2023. Kamis, 24 Februari 2023 lalu, MAN Kota Batu memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan pengajian.  Pengajian dengan tema “Perkuat Ukhuwah dengan Isra` Mi`raj, Wujudkan Generasi Sejati dengan Ittiba` alan Nabi” ini menghadirkan Sudirman N. seorang kiai sekaligus Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI, bapak ibu guru, karyawan, serta mahasiswa-mahasiswi Asistensi mengajar.

Pengajian tersebut adalah puncak dari acara peringatan isra’ mi’raj di MAN Kota Batu, sebelumnya OSIS MAN Kota Batu telah mengadakan lomba-lomba Islami meliputi Musabaqoh Tilawatil Qur`an, Musabaqoh Fahmil Qur`an, Singer Islami, dan Da`i yang berlangsung pada Selasa dan Rabu, 21 dan 22 Februari 2023. Lomba ini diikuti siswa-siswi kelas X dan XI.

Acara diawali dengan lantunan sholawat yang dibawakan grup banjari MAN Kota Batu. Salah satunya, Sholawat berjudul Thola`al Badru Alaina juga turut menyambut kehadiran muballigh.

 

Pembacaan ayat suci Al-Qur`an sebagai pembuka acara dilantunkan oleh Dyah Sekar Arum, siswi kelas X Agama 2. Dyah memabaca surat Al-Isra` yang menceritakan perjalanan Rasulullah di waktu malam.

Dalam acara ini, Farhadi selaku Kepala Madrasah memberikan sambutan singkatnya dengan memperkenalkan muballigh yang hadir kepada para siswa dan mengingatkan agar siswa mendengarkan dengan saksama, serta mengamalkan apa yang nanti di sampaikan pada pengajian tersebut. “Peristiwa Isro` Mi`raj ini adalah saat di mana Rasulullah menerima SK sholat 5 waktu,” tambahnya.

Mengawali mauidhoh hasanahnya, Sudirman mengajak para siswa bersholawat bersama-sama. Para siswa pun antusias turut serta menyenandungkan sholawat. Dengan candaan-candaan khas siswa, Sudirman menyampaikan beberapa nasihat terkait pergaulan kepada para siswa. Sudirman juga menyampaikan, sebagai siswa MAN Kota Batu yang memiliki akhlak yang baik, hendaknya bisa terus belajar. Setelah lulus dari MAN, diharapkan untuk bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Di antara hikmah perjalanan Rasulullah dalam peristiwa Isro` Mi`raj ini, salah satu yang disampaikan adalah ketika Rasulullah sampai di neraka. Rasulullah menyaksikan mereka yang menerima adzab dari apa yang dilakukan selama hidup di dunia dimana anggota tubuhnyalah yang berbicara sebagaimana pada QS. Yassiin : 65.

Peristiwa lain yang diceritakannya adalah bahwa sebelum masuk ke surga, Rasulullah melihat di pintu surga tertuliskan bahwa tidak diperbolehkan masuk melalui pintu surga tersebut 3 golongan ini, yang pertama adalah orang yang bakhil, kedua adalah orang yang durhaka, dan ketiga adalah orang yang mengadu domba.

Setelah  mauidhoh hasanah berakhir, dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba peringatan Isra` Mi`raj. Para juara dipersilahkan maju untuk menerima hadiah dan berfoto bersama. Acara ditutup dengan penampilan juara 1 lomba singer Islami atas nama M. Affan kelas XI IPS 4.

Peringati Isra` Mi`raj MAN Kota Batu Perkuat Ukhuwah dan Wujudkan Generasi Sejati dengan Ittiba` alan Nabi
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *