Batu, 14 maret 2023. Donor darah merupakan salah satu program kerja PMR unit MAN Kota Batu Tahun 2022/2023. Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu, 11 Maret 2023 di Aula MAN Kota Batu ini  bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Kota Batu.

Kegiatan ini diikuti oleh guru dan karyawan MAN Kota Batu, mahasiswa Asistensi Mengajar, serta beberapa wali murid. Gelar donor darah ini juga sangat menarik antusias siswa. Meskipun disyaratkan usia 17 tahun ke atas tidak menjadi kendala karena ada hampir 100 siswa dari kelas XII yang ikut mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya.

Peserta donor darah terlebih dahulu diperiksa berat badan, tekanan darah, dan hemoglobin. Selain itu, mereka juga ditanya mengenai kemungkinan mengidap penyakit kronis sehingga tidak bisa mendonorkan darahnya, serta kapan terakhir menstruasi untuk pendonor perempuan karena disyaratkan donor darah harus berselang minimal satu minggu setelah menstruasi. Jika dari pemeriksaan dinyatakan sudah memenuhi syarat, baru mereka bisa mendonorkan darahnya.

Alina Kayla Prasetyo Lee selaku ketua panitia mengaku senang dengan sambutan warga MAN Kota Batu terhadap kegiatan ini. Pasalnya, seperti yang disampaikan Ana Rahmawati, Waka Kesiswaan MAN Kota Batu, “setelah vakum dari berbagai kegiatan karena Pandemi Covid-19, kegiatan donor darah ini adalah kegiatan pertama PMR unit MAN Kota Batu yang diberlakukan untuk seluruh warga MAN Kota Batu.”

Dengan slogan, “Setetes darah kita, nyawa bagi sesama,” diharapkan bisa memberikan pembelajaran khususnya bagi siswa-siswi MAN Kota Batu agar meningkatkan kepedulian kepada sesama.

Menyambut Ramadhan MAN Kota Batu Gelar Donor Darah sabagai Wadah Kepedulian terhadap Sesama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *