Batu, 17 Maret 2023. Olahan pati singkong yang digunakan sebagai pemanis susu kedelai berhasil mengantarkan tim MAN Kota Batu meraih juara ketiga dan mendapatkan medali perunggu, pada event Youth National Science Fair (YNSF) tingkat nasional yang dilaksanakan pada 8 Maret 2023.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tim MAN Kota Batu yang beranggotakan, Riko Alifsah Wali (XI IPS 2), M. Esa Rahma Yunanta (XI MIPA 3), Raicha Fatimah Al Batul (XI MIPA 2), Nur Aisyah (XI MIPA 2), dan Vira Khanifatul Maghfiroh (X MIPA 3).

Kompetisi yang dilaksanakan secara online ini diikuti oleh berbagai tim dari sekolah di seluruh Indonesia. Tim MAN Kota Batu, mengusung tema minuman rendah kalori yang memiliki banyak manfaat terutama untuk orang-orang yang menjaga pola hidup sehat dengan mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi setiap hari.

Vira, satu-satunya anggota tim yang masih duduk di bangku kelas X ini membeberkan keunggulan produknya.

“Kami mencoba untuk membuat minuman sari kedelai dengan pati singkong sebagai pemanisnya. Target pasar kami adalah orang-orang yang menjaga pola hidup sehat atau orang yang sedang diet”, paparnya.

Kenapa harus Pati Singkong?

Pati singkong kandungan kalorinya lebih rendah dari gula tebu atau pun pemanis buatan. Jadi sangat baik untuk mencegah konsumsi kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh.

“Kami memanfaatkan sisa olahan singkong yang sudah tidak terpakai untuk diambil patinya. Kemudian pati tadi dijemur sampai benar-benar kering dan menjadi serbuk seperti tepung”, jelas Vira ketika ditemui kemarin (14/3).

Kemenangan ini tentu saja tidak terlepas dari kerja sama dan kreativitas seluruh anggota tim. Atas keberhasilannya meraih juara, tim MAN Kota Batu berterima kasih kepada pembina dan teman-teman, yang telah mendukung selama proses pembuatan sampai penilaian juri.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kami. Semoga ke depannya, kami bisa membuat olahan lainnya yang lebih bermanfaat untuk mengajak semua orang agar berpola hidup yang lebih sehat”, pungkasnya.

Eksperimen Pati Singkong Membawa Tim MAN Kota Batu Meraih Medali Perunggu di Event YNSF
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *