Luar biasa, tahun ini ada yang menarik di acara haflah MAN Kota Batu. Dalam prosesi wisuda, wisudawan dan wisudawati berkesempatan foto bersama kepala madrasah dengan gaya bebas. Sesi foto tersebut dilakukan setelah bersalaman dengan kepala madrasah. Video kehebohan mereka selama di madrasah juga ditampilkan dengan penuh haru canda tawa. Haflah yang dihadiri oleh Machsun Zain selaku Kepala Kankemenag Kota Batu hadir bersama Kepala MTsN/MTs, Kepala MA se-Kota Batu dan pengawas MAN Kota Batu ini digelar di Gedung DOME Universitas Muhammadiyaah Malang berlangsung penuh ekspresif.

Haflah Akhirussanah dimulai dengan semua dewan guru beserta wisudawan-wisudawati memasuki gedung DOME untuk mengikuti rangkaian kegiatan wisuda. Group perkusi MAN Kota Batu mengiringi langsung Tari Selamat Datang khas MAN Kota Batu sebagai ucapan selamat datang yang ditampilkan siswa kelas X.

Dalam sambutannya, Farhadi selaku Kepala MAN kota Batu menyampaikan status kelulusan  337 siswa yang keseluruhannya lulus.  Atas pencapaian tersebut Frahadi menyampaikan apresiasi kepada dewan guru atas kerja kerasnya dalam mendidik. Farhadi juga mengapresiasi kerjasama wali siswa dalam proses pendidikan mereka. Dalam kesempatan ini, Farhadi menyerahkan kembali siswa siswi kepada orang tuanya.

Dalam kesempatan ini, Farhadi juga menyampaikan 191 prestasi yang telah dicapai baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Selain itu, MAN Kota Batu selama tiga tahun berturut-turut MAN Kota Batu masuk TOP 1000 dari 399.376 unit sekolah se-Indonesia.

Dalam proses pembelajarannya, MAN Kota Batu tidak hanya menekankan pada potensi akademik  yang terfokus pada ilmu-ilmu umum, melainkan juga menekankan pendidikan pendidikan agama. MAN Kota Batu memiliki 3 program unggulan yaitu Riset, Tahfidz dan Olimpiade. Dari kelas tersebut kita berhasil menempati urutan ke 2 dalam bidang Olimpiade se-kota Batu. Selanjutnya Farhadi berpesan kepada wisudawan/wisudawati “Jangan merasa puas, Jangan merasa bangga hanya tamat SMA, Lanjutkan prestasi, lanjutkan belajar kalian ketingkat yang lebih tinggi sampai S1, S2 bahkan sampai S3”. Farhadi juga mewakili para guru menyampaikan maaf kepada  wisudawan dan wisudawati serta wali siswa selama 3 tahun di MAN Kota Batu. Farhadi mendoakan agar seluruh ilmu yang diterima oleh wisudawan/wisudawati bermanfaat dunia akhirat.

Machsun Zain selaku kepala Kementerian Agama Kota Batu menyampaikan selamat dan sukses untuk seluruh keluarga besar MAN Kota Batu yang sudah mengantarkan siswa-siswa pada kelulusan dengan berbagai prestasi yang diperoleh. Harapan Machsun Zain semoga ilmu yang diperoleh anak-anak bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama. Keberhasilan itu menurutnya karena kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas yang dilakukan oleh Bapak Ibu Guru MAN Kota Batu untuk mengantarkan siswa/inya berprestasi. Machsun juga menyampaikan terimakasih kepada Farhadi yang telah membawa MAN Kota Batu makin berprestasi.

Sebelum prosesi wisuda, Waka bidang kurikulum Yusna Afandi membacakan surat keputusan kelulusan yang sebelum diselingi tari saman yang ditampilkan oleh siswi kelas X. Yusna mengutip maqolah Imam Syafi`i sebagai motivasi wisudawan/wisudawati,“Jika engkau berada dijalan yang benar menuju Allah, maka berlarilah, jika itu berat untukmu berlari-lari kecillah, jika lelah maka berjalanlah, jika kamu tidak bisa maka merangkaklah. Tapi jangan pernah engkau berhenti atau berbalik arah”.

Pengalungan gordon dilakukan secara simbolis diwakili empat siswa kemudian diikuti secara serentak oleh wisudawan dan wisudawati sebagai simbol telah lulus MAN Kota Batu. Prosesi wisuda berlangsung khidmat namun menarik karena wisudawan berkesempatan berfoto dengan gaya bebas bersama kepala Madrasah. MAN Kota Batu juga memberikan tali asih kepada siswa-siswi berprestasi baik akademik maupun Non Akademis.

Sambutan perwakilan kelas XII yang disampaikan oleh Fidzia dan Nenda. Dalam sambutannya, Fidzia dan Nenda sebagai perwakilan siswa menyampaikan terimakasih kepada bapak-ibu guru atas bimbingan dan kesabaran selama mendidik. Begitu banyak kisah telah dilalui bersama yang kelak pasti akan dirindukan. Fidzia dan Nenda mengucapkan terimakasih banyak kepada teman-teman kelas XII sudah mengisi masa putih abu-abunya ini dengan rasa kekeluargaan. “Pastinya senang sekali, karena selain dapat ilmu pelajaran yang luar biasa saya juga dapat pengalaman organisasi dan bidang karya ilmiah yang tentunya sangat didukung oleh Bapak/Ibu Guru” ungkap Fidzia pengalamannya di MAN Kota Batu.

Harunas Tsaqif, ayah dari Ihtada kelas XII IPS 1, mewakili wali siswa, menyampaikan permohonannya atas keridhoan bapak ibu guru agar ilmu yang didapatkan anak-anak bisa bermanfaat, Tsaqif juga mengucapkan terimakasih atas pengorbanan bapak ibu guru dalam mendidik anak-anak. Semoga dicatat menjadi amal ibadah oleh Allah Swt.

Pada akhir acara, siswa kelas XII memberikan persembahan kepada para hadirin berupa perkusi, video rewind selama menjadi siswa MAN Kota Batu dan laksmana band. Dalam persembahan tersebut, mereka menyanyikan lagu sebagai ungkapan kebahagiaan dan keharuan mereka di hari yang membahagikan ini. Acara ini ditutup dengan foto bersama setiap kelas beserta bapak ibu guru.

Haflah Akhirussanah MAN Kota Batu 2023, Siswa berpose bebas bersama Kepala Madrasah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *