Aufa Fikri Imansyah, Namanya, siswa kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu yang akrab disapa Fikri ini berhasil mengharumkan Indonesia setelah berhasil meraih medali Excellent Prize dalam kompetisi International Youth Robotic Competition (IYRC) di Daejeon Convention Hall, Daejeon City, Korea Selatan pada tanggal 3-6 Agustus 2023. Aufa berhasil menyabet juara harapan melawan 20 negara dan 1000 peserta. Aufa menampilkan robot Save Vorse, sebuah robot Misi Penyelamatan yang berjenis line follower.

 

Fikri telah menyukai otak-atik hard ware sejak SMP. “Pernah hp saya dibetulkan mas fikri waktu rusak” ungkap Yulia ibu Aufa. Bahkan tak hanya itu, dirumah juga membuat alat sensor kebakaran gas yang bisa di kontrol melalui HP nya. “Saya tidak bisa berkata-kata lagi melihat pencapaian dia saat ini, sangat terharu dan bangga dengan mas fikri” kata Yulia.Asosiasi robotik internasional juga mengadakan kompetisi untuk kategori tim.

Fikri dan TIM KREATIF berhasil meraih Bronze Prize. Pada tanggal 5 mereka kelihatan sibuk mempresentasikan hasil kerja timnya. Hasil ini diperoleh dengan persiapan selama kurang lebih 3 minggu mereka berlatih secara intens. Dia sangat senang, semangat dan antusias mengikuti kompentisi ini. Sehingga usaha kerasnya berhasil meraih medali.

Farhadi selaku kepala MAN Kota Batu, yang mendampingi langsung Aufa selama di Korea, sangat senang melihat keberhasilan Fikri meraih Excellent Prize, pasalnya dia satu-satunya dari Indonesia yang memperoleh juara harapan. “Fikri itu awalnya terus mengalami kegagalan, tetapi anaknya terus berusaha dan berusaha akhirnya mendapatkan juara” ungkap Farhadi. Dengan keberhasilan ini, Farhadi ingin memberikan motivasi kepada seluruh siswa MAN Kota Batu untuk tetap semangat belajar, berjuang terus pantang menyerah, karena setiap usaha yang sungguh-sungguh insya Alloh akan dimudahkan.

 

Hobi Otak Atik Hardware, Siswa MAN Kota Batu Sabet Dua Kejuaraaan Kompetisi Robot di Korea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *