Beragam corak pakaian adat mewarnai halaman gedung kelas MAN Kota Batu (17/08/2023). Upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 kali ini memakai kostum yang berbeda dari tahun sebelumnya. Upacara yang diikuti seluruh ASN Kemenag Kota Batu itu memakai pakaian adat dari berbagai macam daerah, tak terkecuali para petugas upacara, bahkan tim paduan suara memakai pakaian adat senada. Upacara yang dipimpin Dannyel Boy Rumangun  ini berlangsung tertib.

Machsun Zain Kepala Kemenag Kota Batu bertindak sebagai Pembina Upacara. Zain tampak senang dengan suasana upacara kali ini, ditambah antusias peserta dengan masing-masing baju adat yang dipakai. Dalam kesempatan ini, Zain membacakan naskah sambutan Menteri Agama pada HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang mengajak seluruh peserta untuk bersyukur atas kemerdekaan ini. Kementerian Agama sebagai kementerian yang mengemban fungsi pendidikan, diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM para pemuda Indonesia. Prestasi para siswa madrasah yang telah diraih harus menjadi motivasi untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan generasi usia produktif yang kompeten untuk menyongsong masa depan dan persaingan global.

Diakhir upacara, Zain memberikan apresiasi kepada 5 peserta dengan pakaian adat terbaik. 3 diantara yang terpilih adalah guru dari MAN Kota Batu, yaitu Lintang Sorraya Putri dengan pakai adat dari daerah Palembang, Leseswi Winda memakai adat Lampung dan Bambang Hermanto yang memakai pakaian dari Keraton Surakarta adat Kasunanan. Tak hanya sebatas pakaian adat, Bambang juga memakai lencana keraton, “Baju Kasunanan ini didapat ketika mendapat gelar Raden Tummenggung Bambang Hermanto Puro Wibakso, S.Sn dari Keraton Surakarta Hadiningrat pada 11 November 2022 kemarin.” Ungkap guru seni musik yang juga pelatih Makoba Precussion ini.

Pada kesempatan kali ini, Machsun Zain juga memberikan piala juara 1 kepada MAN Kota Batu sebagai pemenang Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-78 di lingkungan kantor Kementerian Agama Kota Batu. Pada kegiatan lomba yang dilakukan pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, kontingen MAN Kota Batu berhasil menyelesaikan semua game perlombaan dengan baik. Pada lomba PBB buta Tim MAN Kota Batu meraih juara 1, pasukan yang harus mengikuti arahan pemimpin dengan mata tertutup ini berhasil memperoleh point tertinggi meskipun salah satu peserta sempat salah menghadap. Di lomba berikut tim berhasil menggambar sepeda dengan versi masing-masing. Pada game ke-3 semangat Tim MAN Kota Batu tak surut dimana mereka harus menulis kata dipunggung teman, dari orang paling belakang sampai ke depan, lomba satu ini tak kalah lucu dengan lomba lainnya, ketika tulisan pertama berubah dari kata bernafsu menjadi beruang. “Bernafsu menjadi beruang, jauh sekali katanya” ungkap salah satu peserta. Man Kota Batu kembali meraih peringkat 3 di lomba memukul paku. MAN Kota Batu berhasil unggul kembali dilomba terakhir estafet meletus balon bertepung, meniup balon bertepung sampai pecah dan menyobek balon berair.

Sementara itu, dua siswa MAN Kota Batu juga mendapatkan piagam penghargaan Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. Mereka diundang khusus untuk mengikuti upacara bendera di Balai Kota Among Tani untuk penerimaan piagam tersebut. Diundang pula Farhadi selaku Kepala MAN Kota Batu. Aufa Fikri Imansyah menerima Piagam Penghargaan atas prestasinya berhasil meraih juara Excellent dan Bronze dalam bidang robotic tingkat Internasional dan Achmad Fahrezi Anwar menerima Piagam Penghargaan atas prestasinya sebagai Juara 1 O2SN cabang olahraga renang gaya punggung 50m.

HUT Kemerdekaan RI Ke-78, MAN Kota Batu Banjir Penghargaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *