Pesta demokrasi dalam rangka Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS) MAN Kota Batu periode 2023-2024 digelar pada Jumat, 27 Oktober 2023, di aula MAN Kota Batu. Acara yang merupakan puncak P5PRA (Proyek Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil `Alamiin) Kegiatan ini bersamaan dengan dilaksanakannya ujian praktek seni budaya kelas XII. Ujian praktek pelajaran seni budaya digelar dalam bentuk pementasan meliputi seni karawitan, seni tari, dan seni rupa berupa membuat properti pementasan.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Farhadi menekankan peran semua siswa dalam menentukan ketua OSIS periode berikutnya.  Farhadi berpesan untuk memilih kader terbaik. Farhadi berharap pada pengurus OSIS terpilih  bisa amanah dan bekerja sama bersama madrasah dengan baik.

Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan secara online. Beberapa komputer disediakan agar pemiliham berjalan dengan cepat.. Pemilih meliputi seluruh siswa, guru, dan karyawan MAN Kota Batu. Para pemilih diberi username dan password untuk bisa masuk ke aplikasi. Meskipunnya, para paslon OSIS ini sudah berkampanye pada pertengahan Oktober lalu dengan melakukan sosialisasi visi dan misi ke setiap kelas dan debat Paslon. namun dalam aplikasi pemilihan juga ditampilkan visi dan misi para paslon yang bisa dibaca sebelum memutuskan untuk memilih.

Tiga pasangan calon ketua OSIS dan wakil terdiri dari pasangan nomor urut satu Eka Berlia XI MIPA 3 dan Kayisa Calya X B, pasangan nomor urut 2 Ahmad Munif XI MIPA 1 dan Daiva Viorenza X-A, serta pasangan nomor urut 3 Faiqotul XI MIPA 1 dan Aufa Afzal X-A. Proses penghitungan suara disaksikan secara offline dan disiarkan secara online melalui live IG @makobagus. Dari hasil penghitungan, Paslon 1 memenangkan 62,25% yakni sejumlah 826 suara, disusul oleh paslon 3 mendapatkan 17,33% sejumlah 230 suara, dan paslon 2 10,62%  sejumlah 141 suara.

Farida selaku waka kesiswaan memberikan ucapan selamat atas terpilihnya pasangan Eka Berliana dan Kayisa Calya untuk menjabat sebagai ketua dan wakil ketua OSIS MAN Kota Batu (Ossmaba 46). “Harapannya semoga ketua terpilih bisa membawa OSIS lebih baik lagi dari yang sebelumnya dan bisa menjalin Kerjasama yang baik dengan madrasah. Terimakasih banyak atas pengabdian pengurus Osis 45,” tutur Farida dalam sambutannya.

Sementara itu, ujian praktek pelajaran seni budaya berlangsung seiring pelaksanaan pilketos. Dalam ujian praktek ini, setiap kelas menampilkan cerita daerah dalam pentas sendratari dengan iringan seni perkusi. Ujian praktek ini tidak hanya tentang kepiawaian siswa siswi kelas XII dalam seni musik dan tari, namun lebih dari itu, menurut Farhadi pagelaran pentas seni ini mengajarkan kepada siswa untuk nguri-uri budaya. Dengan menampilkan berbagai cerita daerah, mereka akan mengenal sejarah dan ikut menjaganya.  Untuk itu kegiatan pagelaran seni ini perlu diadakan sebagai wadah untuk mengekspresikan bakat minat siswa terhadap seni. Seluruh kelas XII menampilkan judul yang berbeda-beda dalam pementasannya. Kelas XII IPS 2 dengan tema Ande-Ande Lumut, XII IPS 3 menampilkan Ratu Songgo Langit, XII MIPA 3 Rama dan Shinta, XII MIPA 2 Ken Arok dan Ken Dedes, XII MIPA 5 Jaka Tarub, XII MIPA 4 Sangkuriang, XII MIPA 1 Ken Arok, XII Agama 2 Lembu Suro, XII Agama 1 Roro Jonggrang, XII Bahasa Putri Mandalika XII IPS 4 Nyi Roro Kidul dan XII IPS 1 mengusung cerita Hanoman.

Acara diakhiri dengan kirab tumpeng sebagai rasa syukur oleh kelas XII. Masing-masing kelas membawa tumpeng untuk diberikan kepada para wali kelas sebagai tanda bakti kepada guru, pun para wali kelas menunjukkan kasih sayang kepada siswa dengan memberikan suapan nasi kepada siswa. Acara berlangsung hikmad dengan diakhiri doa dan harapan bagi kelas XII.

Pementasan Seni Musik dan Tari Iringi Pilketos MAN Kota Batu 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *