Selasa, 31/10/2023. Drfs. Farhadi, M. Si. menerima kedatangan tim Penilaian Kerja Kepala Madrasah (PKKM). PPKM berlangsung di Aula MAN Kota Batu, selain Farhadi sebagai yang bersangkutan untuk dinilai, acara ini juga dihari oleh Plt Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas dari Kementerian Agama Kota Batu, tim Komite MAN Kota Batu dan dewan guru. PKKM dinilai langsung oleh Santoso, Plt Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur .

PKKM ini adalah yang pertama di Kota Batu, hal tersebut karena beberapa kepala madrsah di bawah naungan Kankemenag Kota Batu terhenti dari tugasnya karena pensiun sebelum mencapai masa 4 tahun. Hal ini disampaikan oleh Rohmatullah, Plt Kasi Pendma Kankemenag Kota Batu sebelum penilaian dimulai, namun begitu, Rohmat berharap PKKM ini bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, dalam presentasinya, Farhadi menyampaikan 11 perubahan yang sudah diraih oleh MAN Kota Batu sejak tahun 2020 hingga saat ini, kemajuan dalam infra-struktur antara lain pembangunan main gate (pintu gerbang utama), ruang kelas digital, parkiran basement, underpass (terowongan), renovasi gedung pembelajaran, perpustakaan, perluasan masjid, pembangunan asrama putra dan parkir selatan ma’had, serta penyelesaian hibah tanah Ma’had Al-Ulya dari Pemkot Batu ke MAN Kota Batu. Selain itu, peningkatan jumlah peserta didik dari 1059 siswa menjadi 1232 siswa dari awal Farhadi menjabat kepala Madrasah juga menjadi salah capaian yang diraih.

Farhadi juga menyampaikan tiga program unggulan MAN Kota Batu yang meliputi program tahfidz, KIR, dan olimpiade yang saat ini telah berhasil menyumbangkan banyak prestasi baik di tingkat kota, nasional, hingga internasional.

Dalam tanggapannya, Santoso menyampaikan bahwa MAN Kota Batu telah mengalami kemajuan yang sangat baik dalam hal bangunan fisik dan prestasi siswa. MAN Kota Batu juga dinilai mampu membaca lingkungan sehingga bisa mencetuskan program-program yang dibutuhkan masyarakat. Untuk mengimbangi prestasi siwa yang sudah baik, Santoso berharap prestasi para guru, pegawai dn kepala madrasahjuga meningkat. Selain itu,  Santoso juga menyinggung mengenai pengelolaan kantin untuk bisa lebih representatif melayani siswa mengingat jumlah siswa yang besar.

Dalam kesempatan ini, Santoso juga memberikan kesempatan pada para guru untuk bertanya kepada kepala madrasah langsung terkait program madrasah. M. Rofiul Alim, guru sejarah MAN Kota Batu memberikan pertanyaan tentang langkah untuk menciptakan budaya riset baik untuk siswa maupun guru di MAN Kota Batu. Menanggapi pertanyaan tersebut Farhadi menyampaikan bahwa dengan banyaknya prestasi di bidang karya ilmiah ini, diharapkan bisa terus memotivasi para siswa maupun guru untuk melakukan penelitian. Farhadi juga terus memberikan motivasi baik secara verbal maupun dengan pemberian reward untuk mereka yang berprestasi.

Santoso sebagai ketua tim penilai, merasa puas dengan data sesuai laporan yang disampaikan Farhadi dan para pengawas. PPKM berlangsung dengan lancar dan berakhir engan pembelajaran dari pembinaan yang bisa dijadikan bekal untuk melaksanakan program peningkatan prestasi guru dan siswa.

 

 

 

PPKM MAN Kota Batu,Imbau Tingkatkan Prestasi Guru Untuk Imbangi Prestasi Siswa
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *