Di penghujung oktober, siswa-siswi MAN Kota Batu menuai lebih dari dua puluh prestasi. Dibidang karate dan pencak silat, 20 medali berhasil diboyong.  Jadid Camelia Hayrunnisa kelas XI MIPA 5 dan Dzaky Pratama Ahmad Dani kelas XI IPS 3 (28/11/berhasil meraih juara 2 kumite -76 Kg Junior Putra dan Putri pada kejuaraan Karate Festival dan Open Tournament bertajuk Piala Kemerdekaan Ketua DPRD Kota Malang 2023. Even yang diikuti kurang 1.500 peserta ini digelar di Gor Ken Arok Kota Malang dan dibuka langsung oleh Pejabat (Pj) Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. “Kami (Pemkot) Malang sangat mensupport event ini, supaya para karateka muda dapat mengasah kemampuannya,” ucapnya.

Beberapa hari sebelumnya 13-15 Oktober 2023, siswa-siswi kontingen MAN Kota Batu di ajang pencak silat Kota Wisata Batu Championship 2 juga sukses membawa pulang delapan belas medali. Kejuaraan ini digelar di Gor Gajah Mada Kota Batu dalam rangka peringatan Hari jadi Kota Batu ke-22. Suwito, Ketua Panitia kegiatan ini menjelaskan ada kurang lebih 1.500 peserta dari dalam dan luar Kota Batu yang mengikuti kejuaraan ini. Dari MAN Kota Batu, Fourier Ahmad Akihiko kelas XI MIPA 5 berhasil meraih Juara 3 Kelas Tanding A. Arif Rahman Hakim juara 3 Kelas Tanding A. Achmad Affandi kelas XI Agama 2 berhasil meraih juara 1 Kelas Tanding B. Nadia Jasmine Maharani meraih dua juara yakni juara 3 kelas Tanding B dan Juara Seni Tunggal Tangan Kosong. Halwa Dzakiya Ruhaynudin, juga meraih dua juara; juara 3 kelas tanding D dan juara 2 Seni Tunggal Tangan Kosong. Yafi Pranata sukses meraih juara 3 Kelas Tanding E. Sherly Tsabita sukses meraih juara 2 kelas tanding E. Syamil Fauzan A`la kelas XI MIPA 5 juga menjadi juara 3 kelas tanding E, Evana Dwi Lestari menjadi juara 3 kelas tanding E. Afrizal Febri Eko Saputro juara 1 kelas tanding G. Ahmad Baihagi meraih juara 3 kelas Tanding G. M. Putra Rahmansyah meraih dua juara; juara 3 kelas tanding G dan juara 3 Seni Tunggal Full Jurus. M. Afif Zaidan Ramadhani juara 3 kelas tanding C. Zulfika Nayla Amanda, Juara 2 kelas Tanding C. Herlina Mardianti juara 3 kelas Tanding Putri Remaja.

Sementara dibidang riset, Ibad Maulana Yunus Kelas XII MIPA 1 dan Yassar Izzaz Najwa Alfarizky kelas XI MIPA 1 menambah koleksi kejuaraan  dengan meraih juara 3 Students Engineering Challage 5.0 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Industri ITS. Ibad mengusung karya tulis berjudul Evaluasi Kadar Aman Mikroplastik di Mata Air (Analisa Bentuk, Jumlah, dan Jenis Kelimpahan Temuan Mikroplastik di Mata Air Sumber Umbul Gemulo). Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa adanya mikroplastik di air sumber dan memberikan acuan terhadap masyarakat sekitar sumber untuk menggunakan aliran air mikroplastik dengan cara menambahkan parameter pembaharuan dengan rumus yang dibuat sendiri. Ibad dan Yassar mempresentasikan penelitiannya pada tanggal 22 Oktober 2022 lalu.

Di bidang keagamaan, dua piala berhasil diperoleh oleh dua siswa MAN Kota Batu pada lomba Musabaqoh Qiroatil Kutub yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Batu. Lomba tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023. Awwaluddin Muchlis dari kelas XII Agama 1 mendapatkan juara 2 dan M. Risal Ramadinata kelas XII Agama 2 mendapatkan juara Harapan 1. Kegiatan ini diselenggarakan di Masjid Brigjen Soegiyono Balai Kota Batu pada 21 Oktober 2023 dengan diikuti oleh santri pondok pesantren dan madrasah diniyah di Kota Batu.

Selain itu, MAN Kota Batu tak henti menggencarkan semangat berliterasi. Melalui siswanya Faiq Attallah kelas XII MIPA 1 yang berhasil menjadi juara 3 Duta Baca Kota Wisata Batu 2023, ia terus menyuarakan agar gemar membaca. Di babak penyisian, Faiq membuat video yang berisikan profil diri, permasalahan literasi beserta solusi program yang diberikan. Setelah menjadi 15 besar, Faiq mempresentasikan visi, misi, dan rencana program kerja. “Misi saya mengikuti lomba duta baca ini adalah terwujudnya masyarakat kota Batu yang literat, moderat, ramah anak, dan bernalar kritis. Dengan misi, memberikan edukasi terkait pentingnya literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Yang kedua mengembangkan program literasi yang menyenangkan bagi masyarakat Kota Batu agar lebih gemar membaca,” tutur Faiq.

 

 

 

 

 

Menutup Bulan Sumpah Pemuda, Siswa MAN Kota Batu Boyong Puluhan Prestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *