Senin (26/02/2024). Agak berbeda dengan upacara bendera di hari-hari sebelumnya, kali ini upacara bendera di MAN Kota Batu di hadiri oleh rombongan dari Kepolisian Resort (Polres) Kota Batu. Sumardiono selaku Kepala Unit Keamanan Keselamatan Berlalu Lintas dari Polres Batu datang bersama tim untuk melakukan sosialisasi berkendara kepada siswa. Bertugas sebagai Pembina Upacara, Sumardiono menghimbau untuk meningkatkan kedisiplinan, ketertiban, dan kewaspadaan atas keselamatan dalam berkendara.


Terkait kedisiplinan berkendara, Sumardiono mengingatkan agar tidak kebut-kebutan. “Jangan nyalip terlalu berlebihan dari marka jalan karena akan beresiko bagi pengendara,” ucapnya. Mengingat di awal tahun 2024, telah terjadi 56 kecelakaan dengan 12 kasus meninggal di wilayah Batu, Pujon, Ngantang, dan Kasembon yang ternyata didominasi oleh remaja.

Sumardiono juga mengingatkan agar para siswa mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memakai kelengkapan berkendara seperti helm dan plat nomor, dan tidak menggunakan knalpot tidak standart atau knalpot brong.

Bersamaan dengan itu, anggota tim polres Kota Batu, Emha Affandi juga melakukan sosialisasi kepada  siswa-siswi kelas X  di Aula MAN Kota Batu.  Sosialisasi berlangsung sangat interaktif dimana Emha tidak hanya menyampaikan materi sosialisasi melainkan juga menerima banyak pertanyaan dan partisipasi dari siswa.

Sosialisasi berlangsung seru dengan pemberian berbagai hadiah untuk para siswa yang aktif berupa helm, jaket, dan uang saku.

Eileen Ophelia Nisa kelas X-I, salah satu siswa yang mendapat hadiah helm karena berani menjawab pertanyaan dengan benar. Dengan helm baru yang dia dapatkan, Eileen juga diminta mempraktekkan tutorial memakai helm yang benar. Emha mengingatkan agar memakai helm sampai berbunyi “klik”, tidak terlalu longgar dan terlalu rapat.

Sosialiasi ini ditutup dengan 5 menit renungan yang dipandu oleh Sumardiono. Para siswa diminta merenungi kesalahan yang sudah dibuat kepada orang tuanya. Sumardiono mengajak para siswa untuk meminta maaf atas kesalahan tersebut dan tidak mengulanginya.

Sosialisasi di MAN Kota Batu, Polres Batu Ingatkan Siswa untuk Tertib Berkendara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *