MAN BATU, 1 Mei 2024 – Tim robotic dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu berhasil mencuri perhatian dalam ajang kompetisi teknologi bergengsi, Jawa Timur Robotic Competition 2024, yang digelar di Surabaya pada Senin, 29 April 2024. Dengan karya inovatif mereka yang diberi nama “InsectX Patrol,” mereka berhasil meraih predikat ‘excellent’.

“InsectX Patrol” adalah sebuah perangkat robotik yang dirancang untuk membantu para petani dalam mendeteksi dan mengusir hama yang mengganggu tanaman. Keunggulan utama perangkat ini adalah kemampuannya untuk secara otomatis mengidentifikasi hama-hama tertentu dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sensor ultrasonik untuk mendeteksi hama. Jika ada hama yang terdeteksi, maka secara otomatis buzzer akan mengeluarkan suara untuk mengusir hama. Selain buzzer,¬†kami juga membuat orang-orangan sawah yang dilengkapi dengan servo. Kegunaannya hampir sama dengan buzzer,¬†hanya bedanya servo akan membuat orang-orangan sawah ini bergerak ke kanan dan kiri ketika mendeteksi ada hama yang mendekat.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh berbagai sekolah dan institusi di seluruh Jawa Timur, “InsectX Patrol” dari MAN Kota Batu yang dipimpin oleh Indah Rachmawati (Kelas 10-C) dan Halimah Nasha Asmaulhusna (Kelas 10-C) ini berhasil mencuri perhatian juri dan peserta lainnya dengan kinerja yang impresif. Mereka tidak hanya menampilkan kemampuan teknis yang luar biasa dalam pengembangan dan pengoperasian robot, tetapi juga menggabungkan elemen-elemen kreatifitas dan inovasi yang tinggi dalam desain dan fungsionalitas perangkat mereka.

Pendamping Tim Robotic, Hafedo, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian gemilang ini. “Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh tim kami dalam Jawa Timur Robotic Competition tahun ini. Mereka telah menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan bakat yang luar biasa dalam menghasilkan karya inovatif seperti ‘InsectX Patrol’,” ujarnya.

Selain memenangkan predikat excellent, kemenangan ini juga menjadi pengalaman berharga bagi anggota tim robotic MAN Kota Batu. Halimah Nasha sebagaimana dikonfirmasi tim redaksi menyampaikan bahwa kejuaraan ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti kejuaraan robotic. “Tentu saja ini menjadi pengalaman pertama yang berharga bagi saya dan tim, apalagi kerja keras kami terbayarkan dengan membawa pulang predikat excellent medal”. Prestasi ini juga menjadi inspirasi bagi seluruh siswa dan guru di madrasah untuk terus mengembangkan bakat dan potensi dalam bidang teknologi dan sains.

“Kedepannya kami akan berusaha lebih keras dan lebih sering ikut event-event robotic untuk menambah jam terbang kami”, pungkasnya.

Dengan pencapaian gemilang ini, diharapkan “InsectX Patrol” dari MAN Kota Batu dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung sektor pertanian di Jawa Timur, serta menginspirasi generasi muda lainnya untuk terlibat dalam inovasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Karya “InsectX Patrol” Berhasil Sabet Excellent Medal Jawa Timur Robotic Competition 2024
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *