Tari “Pusposari” sebagai tarian pembuka

Haflah akhirussanah MAN Kota Batu tahun 2024 digelar di gedung DOME Universitas Muhammadiyah Malang (30/05/2024). Siswa kelas XII beserta orang tua memadati gedung sejak pukul 07.00 pagi. Haflah kali ini juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Batu, Pengawas, Kepala Madrasah se-Kota Batu, dan pengurus komite MAN Kota Batu.

Berbeda dengan tahun lalu yang menyuguhkan tarian “Selamat Datang” ala MAN Kota Batu dengan iringan langsung “Makoba Percussion”, haflah kali ini menyuguhkan tarian “Pusposari” yang menjadi salah satu pra acara untuk menyambut kehadiran para tamu. Sementara group Banjari bertugas mengiringi kirab guru dan wisudawan saat memasuki ruang wisuda.

Prosesi Wisuda

Kepala MAN Kota Batu, Farhadi menyampaikan terimakasih kepada kepada para siswa, karena selama proses belajar 3 tahun di MAN Kota Batu telah banyak menyumbangkan banyak prestasi yang mengharumkan MAN Kota Batu terutama dalam bidang riset. Farhadi juga berterima kasih kepada dewan guru atas dedikasinya dalam membimbing siswa dan para wali siswa yang telah memberikan dukungannya.

Farhadi memotivasi siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan ke perguruan tinggi dengan menekankan kebutuhan negara akan pemimpin-pemimpin yang berkarakter, beriman, bertakwa, serta berakhlakul karimah.

Haikal Aprilian Fadila

Lebih lanjut, Farhadi bersyukur diantara 400 siswa  yang lulus tahun ini, sebanyak 75 siswa diterima di jalur prestasi, bahkan tujuh diantaranya mendapatkan Golden Ticket dari UM, UNAIR, dan UIN Malang karena preatasi yang dimilikinya. Lebih dari itu, Farhadi juga mengaku sangat bangga karena salah satu siswa diterima di 8 perguruan tinggi luar negeri. Haikal Aprilian Fadila, siswa kelas XII MIPA 1 diterima di University of Toronto Faculty of Arts and Science (Life Science), University of Toronto (Life Science), University of Toronto Scarborough (Life Science), Wagenigen University (Food Technology), University of British Colombia (Nutrion), University of Sydney (Medical Science), University of California, San Diego (Microbiology), McGill University, Kanada (Nutrion and Health) dan Saturdays perguruan tinggi dalam negeri, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Farhadi mengingatkan siswa untuk tetap menjaga ibadah dan nama baik MAN Kota Batu dimanapun para siswa melanjutkan pendidikannya.

Machsun Zain, Kepala Kankemenag Kota Batu memotivasi siswa untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan tidak takut gagal karena Allah akan selalu mendampingi mereka yang tidak menyerah.

Machsun juga mengingatkan bahwa puncak haflah akhirussanah ini bukanlah akhir, melainkan awal dari petualangan baru yang lebih menantang, baik yang akan melanjutkan kuliah maupun kerja atau bahkan menjadi wirausahawan. Machsun mengingatkan siswa akan nilai-nilai yang didapatkan dari madrasah untuk dijadikan pegangan.

Foto gaya bebas wisudawan bersama Kepala Madrasah

Salah satu yang disukai siswa saat prosesi wisuda adalah siswa bisa berfoto bersama kepala madrasah dengan gaya bebas selesai bersalaman. kesempatan ini digunakan siswa dengan baik dengan gaya-gaya berfoto sesuai yang diinginkan, beberapa siswa bahkan menyiapkan dua kacamata hitam untuk dipakai bersama kepala madrasah.

Bagi Siswa Terbaik Akademik dan Non-Akademik, dengan didampingi orang tua, para siswa tersebut menerima tali asih sebagai penghargaan dari madrasah.

Ozora Himmata Prasetya dan M. Faza Akmalul Mubarok, dua diantara siswa berprestasi non akademik bidang riset mewakili angkatan 45 menyampaikan terimakasih kepada dewan guru atas kesabaran selama  membimbing siswa. Ozora sangat bersyukur atas 3 tahun emas di MAN Kota Batu. Ozora melihat dengan penuh harapan dan optimisme, pondasi yang telah dibentuk selama ini akan menjadi landasan yg kuat untuk melangkah maju dengan penuh keyakinan.

Akmal dan Ozora mewakili angkatan memberikan sambutan

Sementara itu, Yunan Syururi sebagai perwakilan wali siswa mengaku bangga kedua anaknya menempuh pendidikan di MAN Kota Batu. Bagi Yunan, prestasi MAN Kota Batu adalah  bukti kepercayaan dan keyakinan terhadap kualitas lingkungan pendidikan yang dihadirkan oleh madrasah. Yunan juga mengajak para siswa untuk menyongsong hari esok dengan baik, memegang teguh nilai-nilai luhur yang diajarkan di madrasah untuk menjadi generasi yg membawa perubahan positif bagi dunia.

Persembahan penampilan dari perwakilan para wisudawan wisudawati menjadi penutup acara ini. Musikalisasi puisi dihadirkan untuk mengenang kisah belajar mereka di MAN Kota Batu. Akhir haflah menjadi sangat seru bagi siswa dengan pemutaran video  yang menampilkan kenangan-kenangan mereka di MAN Kota Batu. Tampilan band siswa melengkapi paripurnanya acara ini. Sukses angkatan 45, “Bergerak mencapai cita, meraih kesuksesan di era society 5.0″.

Haflah Akhirussanah Angkatan-45 MAN Kota Batu, 1 Siswa Borong 8 Perguruan Tinggi Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *