Lapangan MAN Kota Batu – Jum’at (2/8/2024) lapangan MAN dipenuhi oleh siswa-siswi kelas X berseragam pramuka lengkap dengan atribut dan tongkat. Dewan Ambalan Patria Manggala dari Gugus Depan 01141 Pangeran Antasari dan 01142 Mala Hayati tengah melaksanakan ”Apel Orinetasi Tegak Tamu 2024”.

Kak Farhadi Memimpin Apel Tegak Tamu

Apel dipimpin dan dibuka langsung oleh Kak Farhadi. Dalam sambutannya, Farhadi menyampaikan bahwa ruh dari Pramuka adalah dasa dharma. Farhadi menegaskan, untuk tidak hanya menjadikan dasa dharma sebagai ucapan, tapi juga diwujudkan dalam tindakan, guna membentuk jiwa manusia mulia yang berguna bagi nusa dan bangsa.  Lebih lanjut, Farhadi menjelaskan kepada para peserta terkait regulasi baru yang diterbitkan Kemendikbud terkait posisi Pramuka yang sekarang mendapatkan tempat khusus. “Setidaknya ada 7 kriteria jalur masuk PTN tanpa tes, dan salah satunya Pramuka”.

Secara simbolis, Farhadi memasangkan ring hasduk berwarna kuning sebagai ganti ring merah yang menandakan perpindahan golongan dari penggalang ke penegak. Seluruh peserta kemudian disahkan pindah golongan secara serentak dengan mengucapkan sandi ambalan.

”Mengucapkan Sandi ambalan sebagai simbol padangan hidup yang menyangkut perilaku warga ambalan dan meneruskan cita-cita ambalan”, tutur Kak Ana Marisa, pembina Pramuka MAN Kota Batu.

Ambalan baru mengucapkan sandi ambalan

Berakhirnya apel menandai dimulainya kegiatan Pramuka di Tahun Pelajaran ini, dan kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Perjusa (Perkemahan Jum’at-Sabtu) yang diikuti 80 siswa siswi delegasi dari setiap kelas X

Sambut Ambalan Baru, Patria Manggala MAN Kota Batu Adakan Apel Orientasi Tegak Tamu
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *