Kota Batu – Setelah para paslon Ketua OSIS MAN Kota Batu (Ossmaba 47) periode 2024-2025 berkampanye selama 2 minggu untuk, bersaing dalam perebutan suara, akhirnya pemungutan suara berlangsung di Aula MAN Kota Batu. Pemungutan suara dilaksanakan di aula MAN Kota Batu (25/9/2024). Total sejumlah 1367 pemilih dari unsur siswa, guru, dan staf yang terdaftar sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap) dalam pilktetos periode ini. Dengan tema “Pilketos Hanya Sementara, Suaramu Menentukan Segalanya”, antusiasme para pemilih sangat terlihat, terbukti dengan antusiasme mereka saat memilih.

Suasana registrasi ulang sebelum menggunakan hak pilih

E-Pemilos Memudahkan Jalannya Pilketos

Pemungutan suara dalam Pilketos di MAN Kota Batu menggunakan aplikasi E-Pemilos. Penggunaan aplikasi ini bukan hal yang baru, mengingat efektivitas penggunaan cara yang sama di periode sebelumnya dan image branding madrasah digital, menjadi alasan utama teknik ini tetap dipilih.

Tampilan Halaman Depan Aplikasi E-Pemilos
Tampilan Layar Halaman Utama E-Pemilos, menampilkan ketiga paslon lengkap dengan visi, misi dan program kerja.

Panitia telah menyiapkan sekitar 10 bilik suara berisi PC dengan tampilan halaman utama E-Pemilos. Terlihat Farhadi, Kamad MAN Kota Batu membuka pemungutan suara dengan mengawali pemilihan di bilik suara. Disusul para guru dan siswa secara bergiliran sesuai jadwal memasuki bilik suara untuk menyuarakan hak pilih mereka.

Di bilik suara, para pemilih dipandu untuk login dengan username dan password yang diberikan panitia ketika memasuki aula, kemudian para pemilih ditampilkan tiga gambar paslon lengkap dengan visi, misi dan proker mereka. Dengan tampilan tersebut, para pemilih dimudahkan untuk memilih salah satu paslon dengan cara mengklik tombol “pilih” di paslon yang dimaksud, dan kemudian log out.

Pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya diarahkan keluar melalui pintu selatan guna sekadar menyapa atau berfoto bersama para pasangan calon dan menandai diri dengan menyelupkan jari di tinta biru. Terlihat ketiga paslon berpakaian batik rapi duduk di panggung aula menyaksikan proses pemilihan dan menunggu hasil yang akan diumukan di siang hari.

Hasil Pilketos MAN Kota Batu 2024, Farhan-Najwa Unggul di atas 50%

Pemungutan suara diakhiri tepat jam 15:00 WIB, panitia memproses perhitungan suara secara langsung. Sebelum membacakan hasil, Ketua Panitia Pilketos, Eka Berlia memberikan laporan umum rentetan dari Open Recruitment  pengurus baru Ossmaba 47 sampai pemilihan ketua Ossmaba 47. Dalam laporannya disebutkan 128 siswa pendaftar awal sebelum mengerucut menjadi 52 siswa yang dinyatakan lolos sebagai pengurus baru Ossmaba 47. Tes lanjutan ke-1 dilakukan untuk 15 siswa sebagai kandidat calon ketua (9/9/2024). Dilanjutkan tes lanjutan ke-2 (11/9/2024) yang kemudian terpilih tiga paslon yang berkontestasi dalam Pilketos tahun ini.

Dari hasil rekapitulasi perhitungan suara, Eka mengumumkan perolehan suara dari masing-masing paslon. Paslon 1 (Farhan Maulana Bachtiar dan Najwa Addiena Dihayu) memperoleh 714 suara; 512 suara dikantongi oleh Paslon 2 (Didan Alfarisi dan Almaghfiro Hajjar Hertati)dan Paslon 3 (Daiva Fiorenza – Fakhriko Ferdiansyah) memperoleh 110 suara.

Berdasarkan rekapitulasi perhitungan perolehan suara tersebut, pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua Ossmaba 47 nomor urut 1 Farhan-Najwa memenangkan kontestasi Pilketos 2024 atas pasangan calon lainnya dengan prosentase 52,18%

Farhadi berpose bersama Farhan dan Najwa, Ketua dan Wakil Ketua terpilih.

Ketua Ossmaba 47 terpilih, Farhan berterima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi aktif dalam rentetan open recruitment OSIS tahun ini. Tak lupa, Farhan berpesan dan memohon kerja sama calon pengurus Ossmaba baru untuk bekerja keras mensukseskan program yang telah disusun. Farhan juga mengajak para pengurus baru untuk berkontribusi aktif untuk madrasah. “Jangan berharap apa yang sekolah kasih kepada kita, tapi apa yang kita bisa kasih ke sekolah!”

Dalam sambutan penutup, Farhadi tak lupa mengucapkan selamat kepada paslon terpilih dan berharap dapat mengemban amanat baru dengan penuh tanggung jawab. “Amanat ini tidak ringan, karena akan jadi mitra madrasah. Berjalan bersama dan menjadi penyambung lidah dari madrasah.” Tegasnya. Farhadi juga meminta ketua terpilih juga mengajak calon pasangan lain agar bergabung untuk membangun komitmen memajukan MAN Kota Batu. Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara dan ditutup dengan do’a secara khidmat.

Selamat mengemban amanat baru, dan selamat bertugas, Ossmaba 47!

Rekapitulasi Perolehan Suara PILKETOS 2024:

No Urut

Nama Paslon

Perolehan Suara

Prosentase

1

Farhan – Najwa

714 votes

52,15 %

2

Didan – Almaghfiro

521 votes

38,05%

3

Daiva – Fahriko

110 votes

8,03%

Total

1345 votes

98,24 %

E-Pemilos Sukseskan Pendidikan Demokrasi di MAN Kota Batu 2024
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *