(Guru dan Siswa Melakukan Proses Pemotongan Hewan kurban)

Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu (MAN) Kota Batu menggelar kegiatan penyembelihan hewan kurban di hari tasyri’ kedua (19/06/24). Acara penuh makna ini berlangsung di halaman ma`had Al Ulya, dihadiri oleh siswa, guru, serta para pegawai. Kegiatan dimulai pagi hari dengan persiapan tempat dan perlengkapan penyembelihan. Panitia yang terdiri dari guru dan siswa yang tergabung dalam OSIS telah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, mulai dari penyediaan hewan kurban hingga persiapan peralatan penyembelihan. Sebanyak 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing disiapkan untuk hewan kurban. Selain panitia yang bertugas di bagian penyembelihan dan pendistribusian, bagian konsumsi juga hadir sejak pagi dalam menyiapkan konsumsi untuk panitia.

Di awal acara, Kepala Madrasah. Farhadi menyampaikan dalam sambutannya tentang pentingnya semangat berkurban dan berbagi kepada sesama. Farhadi juga mengingatkan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial yang harus terus dipupuk oleh para siswa. Hal ini dilakukan dalam rangka meneladani kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya Ismail. Pada hari raya kurban ini, manusia hendaknya mengorbankan sifat-sifat kesombongan dan menumbuhkan sifat-sifat kemanusiaan antar sesama.

Pendistribusian daging kurban pada siswa

Pada penyembelihan hewan kurban tahun 2024/1445H ini, 2 ekor sapi diperuntukkan bagi Diah, Arni, Latifah, Atimah, Dwi, Halimah, Suharto, Farhadi, Muhajir, Wiji, Purwai, Nurul Ch, Mesmi dan Susi. Satu kambing dari siswa XI Agama 2 atas nama Naila. Hewan-hewan kurban disembelih oleh tukang jagal yang sudah berpengalaman dengan tetap memperhatikan syariat Islam. Seluruh proses penyembelihan berlangsung dengan tertib dan mengikuti prosedur kesehatan serta kebersihan yang ketat.

Sekitar 150 paket daging kurban dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar madrasah, sejumlah siswa yang kurang mampu dari kelas X dan XI, dan seluruh guru dan karyawan MAN Kota Batu.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di MAN Kota Batu hari ini tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian sosial dan semangat berbagi. Farhadi selaku kepala MAN Kota Batu, berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan menjadi contoh bagi generasi muda untuk selalu peduli dan berbagi kepada sesama. Para siswa dan guru terlihat sangat antusias dan senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga semangat kebersamaan dan kepedulian yang telah ditunjukkan dalam kegiatan ini bisa terus terjaga dan menginspirasi kita semua.

Sie konsumsi menyiapkan masakan untuk panitia qurban.
Kepala Madrasah bersama panitia berfoto bersama sebelum penyembelihan
Penyembelihan Hewan Kurban MAN Kota Batu 1445 H, Momentum Berbagi Kepada Sesama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *