Pasca Pandemi, kegiatan screening kesehatan kembali digelar di MAN Kota Batu pada tanggal 21-22 September 2022. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama UKS MAN Kota Batu dengan Puskesmas Sisir sebagai upaya pelayanan kesehatan di sekolah. Selain di MAN Kota Batu, Puskesmas Sisir juga melaksanakan kegiatan screening di beberapa sekolah binaan lainnya di Kota Batu yang berjumlah 22 sekolah. Setelah diadakan pertemuan dalam rangka koordinasi dengan guru-guru UKS pada 25 Agustus 2022 lalu, kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 13 September 2022 secara bergantian sesuai jadwal.

WhatsApp Image 2022 09 23 at 21.44.01

Screening kesehatan diperuntukkan bagi siswa kelas X, guru, dan pegawai MAN Kota Batu. Pemeriksaan dilakukan oleh 5 orang petugas dari Puskesmas Sisir,  dimulai dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Pada pos berikutnya, siswa diperiksa kesehatan matanya oleh tim yang  bertugas. Siswa juga diperiksa tekanan darah dan dilakukan pendataan terkait penyakit bawaan yang diderita. Mereka juga ditanya tentang budaya menjaga kesehatan di rumah seperti membersihkan telinga, gigi, olah raga, hingga masalah merokok. Semua data yang didapatkan kemudian dituliskan di buku kesehatan masing-masing siswa.

Sedangkan untuk guru dan karyawan, dilakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. Diawali dengan pengukuran tinggi maupun berat badan, guru beserta karyawan kemudian menjalani pemeriksaan tekanan darah dan pendataan terkait penyakit tidak menular yang diderita sendiri maupun anggota keluarganya. Pada pos berikutnya, diambil beberapa sampel darah untuk pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. Sebagian dari mereka mendapati hasil pemeriksaannya normal, namun ada juga yang melebihi ambang batas. Tampak beberapa guru dan karyawan juga melakukan konsultasi kesehatan terkait hasil pemeriksaan tersebut. (Vita & Tim Redaksi)

Galakkan Hidup Sehat, MAN Kota Batu Adakan Screening Kesehatan
Tag pada:

Satu gagasan untuk “Galakkan Hidup Sehat, MAN Kota Batu Adakan Screening Kesehatan

  • 24 September 2022 pukul 14:16
    Permalink

    الحمد لله رب العالمين
    Kerjasama dengan lingkungan sangat positif , karena kita hidup bertetangga bernegara dan berbangsa untuk mencapai kesejahteraan , kebahagiaan sekarang dan yang akan datang di dunia ini bahkan untuk kebaikan hidup sesudah mati harus diusahakan pada waktu masih hidup di dunia ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *