Batu, 22 Oktober 2022. Talk Show bertema “Repairing Mental Health For The Best Generation Of Youth” menjadi puncak dari serangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda di MAN Kota Batu. OSIS MAN Kota Batu mengadakan acara Simasis (Sinau Bersama Osis) dengan menghadirkan narasumber Risa Rahmawati, M.Psi, seorang psikolog yang merupakan kepala Phylia Psychology and Training Institute dan Luluk Dwi Kumalasari, M.Si, seorang sosiolog sekaligus dosen Universitas Muhammadiyyah Malang Prodi Sosiologi. Talk Show yang digelar di Aula MAN Kota Batu ini juga mengundang berbagai perwakilan siswa dari SMA dan MA di Kota Batu.

0000487

Acara inti dimulai pukul 13.00 WIB. Setelah pembukaan, dilanjutkan laporan oleh ketua panitia dan sambutan Kepala MAN Kota Batu. Pada sambutannya, Bapak Drs. Farhadi, M.Si menyampaikan pentingnya acara ini untuk membentuk pemuda yang tangguh. Beliau berharap para siswa bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari acara ini karena selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan hal yang penting sebagai modal untuk mencapai kesuksesan.

Tibalah acara yang sangat ditunggu. Dengan moderator Rizky Afifatul Azizah kelas XI MIPA 2, Talk Show berlangsung dengan seru karena banyaknya penjelasan yang disampaikan relate dengan apa yang terjadi pada para siswa yang hadir. Berbagai hal menarik dibahas terkait dengan fenomena yang banyak terjadi di para pemuda. Pertanyaan-pertanyaan yang cukup meresahkan pikiran juga banyak disampaikan, seperti tentang rasa insecure, over thinking, goal yang terlalu tinggi, hingga permintaan orang tua yang dirasa cukup membebani.

0000504

Ada banyak ilmu yang didapatkan dari bincang-bincang ini. Satu di antaranya adalah tips dari Mbak Risa terkait cara untuk bisa menjadi pemuda yang siap menyongsong Generasi Emas Indonesia 2045. Pertama, know yourself yakni kenali dirimu secara mendalam. Kenali keadaan fisikmu, sehingga ketika di luar sana ada orang yang merasa dibully dengan dikata-katai secara fisik maka ketika kamu sudah mengenal dirimu, hal itu tidak  akan berpengaruh kepadamu. Kedua, know your emotion yaitu setiap orang memang memiliki cara healingnya masing-masing. Oleh karena itu tidak perlu meniru tips healing orang lain. Kenali sendiri emosimu dan bagaimana caramu mengendalikannya. Ketiga, know your goals maksudnya, tulis hal-hal terkecil yang kamu inginkan mulai dari sekarang. Letakkan di tempat yang sering kamu lewati maka kamu akan mengamini setiap kali melewatinya. Setelah punya goals, tentukan juga bagaimana cara meraihnya. Keempat, untuk mereka yang sudah terlanjur kecanduan sesuatu yang kurang baik, sibukkan diri dengan aktivitas nyata agar tidak sempat memikirkannya.

Mbak Luluk juga melengkapinya dengan realita bahwa pemuda kita saat ini sudah masuk di era revolusi industry 4.0. Bahkan negara maju seperti Jepang dan Korea, telah masuk era revolusi industry 5.0.  Karena itu jadilah pribadi yang kreatif dan inovatif dengan gadget yang dimiliki. Teruslah berkarya. Berikan batasan secara disiplin dengan skala prioritas.

Para peserta Talk Show semakin antusias dengan berbagai permainan dan kuis yang berhadiah doorprize menarik. Acara berakhir sekitar pukul 15.45 WIB dilanjutkan dengan penampilan band dan foto bersama. (Vita&Tim Redaksi)

0000768

Peringati Sumpah Pemuda Osis Makoba Gelar Talk Show “Repairing Mental Health For The Best Generation Of Youth”
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *