Selasa, 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB, secara serempak Kemendikbud mengumumkan hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023 di website resminya https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Bertepatan dengan pelaksanaan pondok Ramadan hari ke-2 untuk siswa kelas XII MAN Kota Batu. Beberapa siswa yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SNBP mulai sibuk mengecek pengumuman hasil kelulusan. Tak sedikit juga yang mengaku masih menyiapkan hati, hingga menunda waktu untuk membuka pengumuman tersebut.

Sebanyak 30 Siswa MAN Kota Batu diterima di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dengan rincian 28 siswa diterima di Universitas dan 2 siswa diterima di Politeknik. Berdasarkan data Guru BK MAN Kota Batu, Titik Susilowati menyampaikan pada tahun 2022 kemarin dari 11 kelas, ada 24 siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN. Sedangkan tahun ini, ada total 30 siswa dari 10 kelas yang lulus jalur SNBP.

Menyusul selanjutnya pengumuman Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) pada Senin, 3 April 2023, pukul 10.00 WIB. Melalui website https://span.ptkin.ac.id/, diumumkan 15 siswa MAN Kota Batu berhasil diterima di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Jawa Timur.

Peningkatan ini tentu tidak lepas dari keberhasilan MAN Kota Batu dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. Farhadi, selaku Kepala MAN Kota Batu juga menyampaikan, “Selamat dan sukses untuk siswa-siswi MAN Kota Batu. Semoga ilmunya bermanfaat untuk masa depanmu. Semoga untuk adik kelas kalian juga bisa semakin bertambah jumlah yang diterima di perguruan tinggi.”

Lebih lanjut, BK MAN Kota Batu juga terus melakukan pendampingan kepada siswa dalam mempersiapkan studinya ke Perguruan Tinggi. Titik menjelaskan di antara faktor yang mempengaruhi penerimaan siswa di Seleksi penerimaan Perguruan Tinggi berbasis prestasi ini adalah strategi pemilihan jurusan dengan melihat nilai minimal rata-rata mata pelajaran, nilai mata pelajaran pendukung yang digunakan untuk memilih jurusan di kampus, sertifikat juara, serta strategi meminimalkan saingan di antara teman yang eligible dari madrasah.

Diharapkan siswa-siswi kelas XII yang lain juga segera mendapatkan kabar gembira atas kelulusannya diterima di Perguruan Tinggi melalui jalur-jalur lainnya.

 

Pengumuman SNBP dan SPAN-PTKIN 2023, 45 Siswa MAN Kota Batu diterima di Perguruan Tinggi Negeri
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *