(Suasana Bazar dan Pasar Murah MAN Kota Batu)

Sabtu, 15 April 2023. Menutup deretan acara safari Ramadan MAN Kota Batu menggelar bazar dan pasar murah. Acara ini terbuka bagi masyarakat sekitar yang ingin membeli kebutuhan pokok dengan harga murah dan aneka makanan. Bazar dibuka tepat setelah Asar di halaman gedung kelas baru. Kegiatan ini dihadiri oleh keluarga besar MAN Kota Batu dan warga sekitar. Safari Ramadan tahun ini mengambil tema “Musyarokah Fawaid Ramadhan” atau “Mengambil Manfaat Bulan Ramadhan”. Safari Ramadan tahun ini diisi dengan kegiatan santunan kepada 20 anak yatim piatu, bakti sosial kepada 40 warga di lingkungan madrasah dan OSSCAR (Ossmaba Creativity Bazaar) sebagai puncak acara. Stand bazar diisi oleh seluruh siswa kelas X, XI dan beberapa guru dengan berbagai makanan, di bazar ini juga tersedia sembako murah dan sayur gratis bagi pengunjung yang menginginkan. Acara ini juga dimeriahkan oleh banjari MAN Kota Batu pada pukul 16.00 WIB.

(Pemberian Santunan dan Bingkisan Hari Raya Kepada Warga Sekitar MAN Kota Batu)

Drs. Farhadi, M.Si selaku kepala MAN Kota Batu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan secara langsung kepada para siswa agar peduli terhadap lingkungan dan senang berbagi. Dengan berbagi manusia tidak akan berkurang rezekinya bahkan semakin bertambah. Di samping itu juga, agar siswa bisa merasa bersyukur dengan apa yang diperoleh saat ini. Lebih lanjut, Farhadi berharap apa yang sudah mulai ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya, agar keberadaan MAN bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan para siswa bisa belajar sosialisasi secara langsung. Santunan kepada anak-anak yatim dan bingkisan kepada para duafa diberikan langsung oleh Farhadi. Mereka mengaku senang MAN Kota Batu mengadakan acara ini, karena bisa digunakan untuk persiapan Hari Raya.

(Safari Ramadhan MAN Kota Batu)

Sebelum acara puncak ini, Ossmaba MAN Kota Batu mengadakan Safari Ramadan pada tanggal 12-14 April 2023 dengan terjun langsung ke lima TPQ yang ada di kota Batu. Para siswa melakukan praktik langsung mengajar berbagai materi kepada santri TPQ. Pada hari pertama materi yang disampaikan tentang ibadah wudu, shalat, puasa dan juga zakat. Di hari kedua, para siswa mengajak santri TPQ menonton film islami dan memberikan game. Para santri TPQ  mengikuti dengan antusias sambil menunggu buka puasa. Hari terakhir mereka mulai pukul 09.00 melakukan bakti sosial bersih masjid dan mushala di sekitar TPQ. Selanjutnya berbagi parcel untuk warga sekitar TPQ juga. Lima TPQ yang bekerja sama tahun ini yaitu TPQ AL Muhtadi Dusun Brumbung Gunungsari, TPQ Baitul Abidin Beji, TPQ Hidayatus Sibyan Oro-oro Ombo, TPQ Nurul Utsman Beji dan TPQ Al Fatah Beji. “Semoga kegiatan safari Ramadhan memberikan manfaat bagi masyarakat dan membentuk karakter peserta didik MAN Kota Batu menjadi manusia yang bermanfaat bagi yang lain”, ucap Sabil selaku pembimbing OSIS.

Bazar Ramadhan MAN Kota Batu Dibanjiri Warga Sekitar Madrasah
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *