Senin, 1 Mei 2023. Menyongsong penerapan kurikulum merdeka, MAN Kota Batu telah mempersiapkan 16 kelas digital yang diresmikan oleh Kepala Kemenag Wilayah Jawa Timur, H Husnul Maram, M. Hi. Kegiatan ini dihadiri oleh semua tenaga pendidik, kependidikan MAN Kota Batu, Kemenag Kota Batu beserta jajarannya. Peresmian dimulai pukul 14.00 WIB. Peresmian Kelas Digital dilakukan di lorong gedung baru yang terhubung dengan area parkir basement. Didampingi Drs. Farhadi, M.Si selaku Kepala MAN Kota Batu, Husnul Maram mendatangi tempat peresmian melewati tangga diterowongan yang menghubungkan area parkir dengan gedung kelas baru. Peresmian ditandai dengan menempelkan lima jari pada layar TV digital yang dilakukan oleh kepala Kemenag Jawa Timur, Kasubag TU H M. Nawawi, dan kepala MAN Kota Batu.

Pada kesempatan ini H. Husnul Maram, M.HI juga menyaksikan pembelajaran langsung di kelas digital yang dipraktikkan oleh Rosa Amalia salah satu guru Matematika MAN Kota Batu bersama siswa-siswi yang hadir pada hari itu. Husnul Maram berharap dengan kelas digital akan semakin memudahkan proses pembelajaran dan membuat siswa juga merasa nyaman dan lebih semangat dalam belajar. Lebih lanjut Maram menuturkan bahwa dunia digital harus masuk di semua aspek Kemenag termasuk pendidikan madrasah. Madrasah saat ini sudah dipercaya dan dicintai oleh masyarakat luas. Hal tersebut dibuktikan ketika pendaftaran peserta didik baru, di madrasah selalu dibanjiri oleh siswa baru. Hal ini dikarenakan madrasah memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Dengan Madrasah Digital para wali siswa bisa mengetahui kegiatan belajar siswa di madrasah dengan mudah. MAN Kota Batu sebagai Madrasah Digital harus menjadi percontohan khususnya di Kota Batu maupun secara Nasional.

Peresmian Madrasah Digital dimeriahkan oleh grup perkusi binaan Bambang Hermanto, S. Sn guru seni musik MAN Kota Batu. Para siswa sangat semangat dalam menyambut peresmian Madrasah Digital. Farhadi menyampaikan bahwa 16 kelas digital yang siap dipakai tahun ini adalah sebagai kesiapan penerapan kurikulum merdeka yang memberikan  keluasan dalam mewadahi berbagai bakat dan minat siswa. Kelas digital ini merupakan salah satu cara untuk mendukung kurikulum tersebut. Tidak hanya kelas yang digital, tetapi MAN Kota Batu juga akan memakai kartu digital bagi siswa dimana presensi kehadiran dan transaksi pembayaran  akan dilakukan secara digital yang langsung terhubung kepada wali siswa.

Resmikan Madrasah Digital MAN Kota Batu, Kepala Kemenag Jatim Saksikan Langsung KBM di Kelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *