Rabu (30/08/2023). Skrining Kesehatan kembali diadakan di MAN Kota Batu bekerja sama dengan Puskesmas Sisir. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun untuk siswa kelas X ini dilaksanakan pada 29 dan 30 Agustus 2023 di Aula MAN Kota Batu. Hari pertama diperuntukkan kelas X-A sampai X-F dan hari kedua untuk siswa kelas X-G sampai X-L

Para siswa bergantian memasuki ruang Aula. Pemeriksaan diawali dengan penimbangan berat dan tinggi badan dengan dibantu oleh beberapa anggota PMR MAN Kota Batu. Dilanjutkan dengan pemeriksaan mata dimana para siswa diminta menyebutkan huruf yang ditunjuk oleh petugas dalam jarak tertentu dengan ukuran yang berbeda-beda.

Pemeriksaan selanjutnya adalah pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kesehatan gigi dan telinga.  Para siswa juga dilakukan tanya jawab terkait penyakit bawaan yang mungkin diderita. Dalam keadaan yang cukup parah, siswa bisa dirujuk ke puskesmas untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

Khusus untuk para siswi, terdapat pemeriksaan Hemoglobin.  Icha Tian, salah satu petugas Puskesmas Sisir menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang banyak kasus kematian bayi lahir. Salah satu penyebabnya bisa karena ibunya kekurangan hemoglobin. Temasuk kasus bayi lahir dengan down syndrome maupun cerebal palsy juga bisa juga disebabkan ibu kekurangan Hb.

“Karena itu, pemeriksaan ini sangat penting untuk mempersiapkan calon ibu,” lanjut Icha.

Selanjutnya para siswa juga dilakukan tanya jawab terkait NAPZA. Mereka ditanya apakah pernah mengkonsumsi alcohol, rokok, maupun narkoba.

Hasil pemeriksaan ini dicatat dalam buku raport kesehatan siswa yang dibagikan oleh dinas kesehatan kepada masing-masing siswa.  Diharapkan hasil pemeriksaan sejak awal pembelajaran ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Deteksi Kesehatan Siswa Baru, MAN Kota Batu Adakan Skrining Kesehatan bersama Puskesmas Sisir
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *