Kamis (16/11/2023)  Organisasi Siswa Intra Sekolah  (OSIS) MAN 2 Tuban melakukan studi tiru ke MAN Kota Batu, Jawa Timur. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang pengelolaan OSIS, kegiatan ekstrakurikuler, dan inovasi dalam pembinaan kepemimpinan siswa. Farhadi selaku Kepala MAN Kota Batu menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan suatu penghormatan baginya. Pasalnya Kepala MAN 2 Tuban merupakan teman prajabatan semasa di Surabaya. “Rasanya senang sekali dikunjungi teman seperjuangan, bernostalgia kembali”, ungkap Farhadi. Farhadi juga menyampaikan bahwa MAN Kota Batu saat ini memiliki kelas unggulan riset yang sudah berhasil meraih medali perunggu dalam Myres dan emas di OPSI. Keberhasilan ini bisa dicapai dengan semangat berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. MAN Kota Batu juga memiliki kelas digital dan telah melakukan kolaborasi pembelajaran dengan MAN Surabaya dan MAN 2 Ponorogo.

Tasmo selaku kepala MAN 2 Tuban dalam sambutannya menyampaikan, bahwa MAN 2 Tuban memiliki program unggulan kelas keterampilan, sedangkan di MAN Batu memiliki kelas riset. Keduanya sama-sama memilki keunggulan masing-masing yang bisa menambah daya Tarik madrasah. Tasmo berharap siswa-siswi MAN 2 Tuban dapat memahami model kepemimpinan yang diterapkan OSIS di MAN Kota Batu dan mencari inspirasi untuk meningkatkan peran kepemimpinan OSIS di MAN 2 Tuban. Studi tiru ini diikuti oleh kurang lebih 50 siswa pengurus OSIS, perwakilan dewan ambalam, PMR, Pembina OSIS dan waka MAN 2 Tuban. Tasmo juga memberikan cindera mata khas Tuban kepada MAN Kota Batu.

Diniarti Anugrahita Pramesti ketua 1 OSIS MAN 2 Tuban menyampaikan bahwa kunjungan kali ini adalah silaturahim sekaligus belajar mengenai OSIS.  Pada kesempatan ini, Eka Berlia, ketua OSIS MAN Kota Batu dan Sabila Amirullah sebagai Pembina, memaparkan semua program OSIS masa bakti 2023-2024. Dalam pemaparan program ini terjadi diskusi interaktif antara pengurus OSIS dari kedua madrasah ini. Putri Nur Avia salah satu dari pengurus OSIS MAN 2 Tuban mengajukan pertanyaan tentang cara mengadakan sebuah kegiatan yang menarik banyak siswa. “Kami melakukan survei melalui kotak saran atau e-sugestion box dan diskusi dengan beberapa perwakilan kelas tentang kegiatan seperti apa yang disukai siswa saat ini. Sehingga setiap kegiatan kita bisa bersinergi dengan semua siswa dengan baik”, jawab Eka dengan sigap.

Pada sharing session ini, Muktamir selaku Pembina OSIS MAN 2 Tuban menyampaikan bahwa nama-nama program yang diusung OSIS menarik. Sehingga mungkin ini yang menjadikan kegiatannya berjalan dengan baik. Muktamir juga mengatakan bahwa saat ini Pramuka dan PMR MAN 2 Tuban dibawah naungan OSIS. Sementara untuk kegiatan esktra kurikuler di MAN 2 Tuban diwajibkan bagi seluruh siswa kelas X dan XI.  Setelah mengikuti pemaparan dan sharing sesion ini, OSIS MAN 2 Tuban mengidentifikasi beberapa best practice yang dapat diterapkan di sekolah mereka. Diantaranya adalah mengadakan kegiatan yang menarik dengan nama unik untuk memperkuat peran OSIS sebagai wadah pembinaan kepemimpinan dan penyelenggara kegiatan beragam. Studi tiru ini tidak hanya membuka mata terhadap praktik terbaik di MAN Kota Batu, tetapi juga memperkuat semangat kolaborasi antar sekolah. OSIS MAN 2 Tuban siap menerapkan perubahan positif yang akan meningkatkan pengalaman siswa dan memperkuat lingkungan pendidikan di sekolah mereka.

Studi Tiru OSIS MAN 2 Tuban, Siap Adopsi Program Menarik OSIS MAN Kota Batu

Satu gagasan untuk “Studi Tiru OSIS MAN 2 Tuban, Siap Adopsi Program Menarik OSIS MAN Kota Batu

  • 17 November 2023 pukul 02:32
    Permalink

    الحمد لله رب العالمين
    Jalinan ShilaturRahim sesama MAN perlu ditingkatkan, mengingat MAN adalah setingkat SMA yang berpotensi ganda sejak awal berdiri memang itu yang kita harapkan. Mudah2an diEra ini terus Maju
    آمين يا رب العالمين 🤲💐🤲

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *