Rabu, 22 Mei 2024. Haflah wa imtihan juz 1-8 digelar di aula MAN Kota Batu. Haflah dimulai pukul 08.00 WIB, diikuti oleh 41 siswa/siswi kelas tahfidz di MAN Kota Batu, acara ini juga menghadirkan wali siswa dan dihadiri langsung oleh Rohmatullah, Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama Kota Batu.

Seperti biasa, acara dibuka dengan pembacaan al-Qur’an juz 30 secara khidmat oleh peserta bersama-sama. Farhadi mengucapkan selamat atas pencapaian para peserta haflah wa imtihan. Tahfidz ini merupakan salah satu program andalan MAN Kota Batu yang sebenarnya sudah dirintis dan dikembangkan sejak 3 tahun yang lalu. program ini baru maksimalĀ  terkoordinir setelah berkerjasama dengan Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an, dengan harapan para siswa bisa dididik oleh tenaga ahli secara profesional. “Tidak seperti di pondok yang hafalan nyel, di MAN Kota Batu, siswa tahfidz ini juga belajar pelajaran lain,” ujar Farhadi. Meski demikian, diharapkan para siswa terus mengembangkan hafalannya.

Tak hanya menyampaikan selamat kepada para peserta, Rohmtullah dalam sambutannya juga mengucapkan selamat pada MAN Kota Batu atas terselenggaranya program ini. “Beberapa madrasah negeri yang memiliki pemikiran untuk mengadakan program tahfidz seringkali maju mundur maju mundur karena takut bilamana para wali murid merasa anaknya tidak kuat jika harus belajar di madrasah dan menghafal al Qur’an” ungkap Rohmatullah. Ia juga mengakui bahwa keberkahan al-Qur’an itu ada dan hidup para penghafal al-Qur’an akan dibahagiakan. Rohmatullah berpesan, ketika sudah selesai dengan hafalan al-Qur’an, para siswa hendaknya tetap bertekad untuk mempelajari ilmu-ilmu lain yang pada hakikatnya semua ilmu bersumber dari al-Qur’an.

Selanjutnya, hadirin dipersilahkan untuk menguji langsung hafalan para peserta. Tak hanya Farhadi danwali siswa, ketua komite juga memberikan pertanyaan berupa sambung ayat untuk menguji hafalan mereka. Pemberian berbagai macam apresiasi berupa barang maupun uang juga menambah meriahnya acara ini.

Diantara 41 siswa yang mengikuti haflah ini, ada satu siswa yang telah hafal 30 juz, siswa tersebut adalah Najma Nurisnaini Ahmad siswa kelas X-D, Najma berhasil menyelesaikan hafalannya 30 juz dalam waktu 1,5 tahun. Putri dari Ahmad ini juga beberapa saat lalu menyelasaikan ujian tasmi’ 5 juz sekali duduk di MAN Kota Batu dan akan dilanjutkan dengan tasmi’ 10 juz, 15 juz, 20 juz dan seterusnya. Selain mendapatkan hadiah dari sang ayah, Ia juga mendapatkan hadiah dari para donatur yang disampaikan melalui Susi Hernawati, guru dan ketua Tim Pengendali Mutu (TPM) MAN Kota Batu. Susi mengaku sangat bangga dengan para peserta hingga menyebutnya mutiara MAN Kota Batu.

Haflah Wal Imtihan MAN Kota Batu, Satu Siswi Hafal 30 juz dalam waktu 1,5 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *